65 Orang Peserta BPJSTK Tanggungan Pemkab Bonebol Meninggal Dunia

65 Orang Peserta BPJSTK Tanggungan Pemkab Bonebol Meninggal Dunia

Foto untuk : 65 Orang Peserta BPJSTK Tanggungan Pemkab Bonebol Meninggal Dunia

Bonebol – Selang bulan Januari hingga Oktober 2019, tercatat sebanyak 65 orang peserta jaminan sosial Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) Cabang Gorontalo, meninggal dunia.

Mereka adalan berasal dari sektor informal bukan penerima upah (BPU) yang ditanggung premi iurannya oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Pemkab Bonebol).

Sepuluh diantaranya meninggal dunia karena kecelakaan kerja dan lainnya meninggal karena sakit.

”Jika kita hitung-hitung 65 peserta BPJSTK yang sudah meninggal itu, maka sekitar Rp1,7 miliar klaim yang akan dibayarkan oleh BPJSTK Cabang Gorontalo,” kata Kepala DPMPTSPTK Bone Bolango Jumaidil, Selasa (1/10/2019).

Jumaidil yang didampingi Account Representative BPJSTK Cabang Gorontalo Muhammad Kahfi menambahkan, nanti launching pemberian maupun penyerahan santunan klaimnya secara massal akan dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2019.

Diawali dengan kegiatan jalan sehat bersama dari Center Point menuju halaman Kantor Bupati Bone Bolango.

Harapannya agar supaya warga lainnya bisa sadar dengan keberadaan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan sifat-nya gotong royong itu.

”Mereka harus sadar secara mandiri, dan kalau perlu berikutnya bisa ikut dan membayar iurannya secara mandiri,”ujar Jumaidil.

Paling tidak,  jika tidak mampu empat programnya, ikut dua program saja, yakni program jaminan kematian (JKM) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

”Kita tahu bersama bahwa setiap pekerjaan itu memiliki risiko. Tapi risiko sekarang sudah ada negara yang menyelenggarakan dan melaksanakan tugas untuk mengendalikan risiko tersebut melalui BPJS Ketenagakerjaan,” kata Jumaidil. (MC Bone Bolango/Kadir/toeb)

Sambutan