Beralih ke SIAK Terpusat, Mulai Besok Dukcapil Bone Bolango Tutup Pelayanan Sementara

Beralih ke SIAK Terpusat, Mulai Besok Dukcapil Bone Bolango Tutup Pelayanan Sementara

Direktur PIAK Kemendagri Erikson Manihuru, Kepala Dinas Dukcapil Bone Bolango, Oktavianus Rahman didampingi Kabid PIAK Budiyanto Sahabu saat berpose bersama pada pertemuan di Ditjen Adminduk, Kemendagri, di Jakarta, belum lama ini. F.dok.istimewa)

Kominfo, Bonebol - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bone Bolango menutup sementara pelayanannya karena adanya pengalihan aplikasi atau sistem, dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terdistribusi ke SIAK Terpusat.
Kepala Dinas Dukcapil Bone Bolango, Oktavianus Rahman melalui Kabid Pengolahan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Budiyanto Sahabu, menjelaskan SIAK Terpusat adalah salah satu pengembangan dari aplikasi daerah menjadi terpusat. 
Mulai dari system penyimpanan dan database kependudukan semuanya terpusat, sehingga sudah dapat dipastikan tidak ada lagi data ganda ataupun data duplikat dan dapat dipastikan data kependudukan benar-benar valid dan single identity.
“Jadi mulai besok, Kamis tanggal 16 September hingga Senin 20 September 2021, akan datang ke Dukcapil, tim teknis dari Kemendagri. Mereka akan melakukan penarikan database kependudukan. Olehnya kami menyampaikan kepada masyarakat selama lima hari kedepan Dukcapil Bone Bolango belum melakukan layanan penerbitan dan pencetakan dokumen kependudukan, karena masih dilakukan maintenance sistem,”ujar Budiyanto Sahabu, Rabu (15/09/2021).
Sementara itu, Direktur Pengolahan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Kemendagri, Erikson Manihuru, mengungkapkan Kabupaten Bone Bolango masuk dalam Pilot Project 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia dan akan mendapatkan SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) Online Dukcapil tahun 2021.
Dijelaskan Erikson Manihuru, SIAK Online Dukcapil adalah sebagai salah satu model pelayanan yang berbasis digital. Terlebih Kabupaten Bone Bolango, kata dia, selama ini dinilai berhasil dalam memberikan pelayanan berbasiskan digital.
“Makanya dari dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, 50 kabupaten/kota diantaranya kita pilih menjadi Pilot Projek SIAK Terpusat. Salah satunya Dinas Dukcapil Bone Bolango,”jelas Erikson Manihuru. (Tim IKP/Humas/Kominfo)
 

Sambutan