BKSU Dorong 4 Kabupaten Manfaatkan Potensi Untuk Pengembangan Ekonomi

BKSU Dorong 4 Kabupaten Manfaatkan Potensi Untuk Pengembangan Ekonomi

Kominfo BoneBol - Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU) mendorong 4 Kabupaten yaitu Bone Bolango, Gorontalo Utara, Buol, dan Bolaang Mongondow Utara manfaatkan potensi beragam yang dimiliki untuk pengembangan sektor ekonomi.

Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal BKSU Fachrudin Zain Olilingo, saat menghadiri rapat kerja BKSU sector pariwisata di Bone Bolango, di ruang rapat Bupati Bone Bolango, Selasa (23/2/2021).

Fachrudin mengatakan tujuan dibentuknya BKSU ini adalah bagaimana 4 Kabupaten dapat bekerja sama dalam pengembangan ekonomi.

“Kita ketahui bahwa 4 kabupaten ini yang berada diutara wilayah Sulawesi potensinya itu beragam tapi masyarakatnya masih tertinggal sehingga kita ingin bekerja sama dan maju bersama,” kata Fachrudin.

Fachrudin menjelaskan dalam pengembangan ekonomi ini bisa dimaksimalkan dengan pengembangan melalui sector perikanan dalam hal ini pengembangan udang vaname.

“Bagaimana keempat daerah ini menjadi sentra produksi dari udang vaname yang dalam hal ini sudah mendapat dukungan dari Dirjen Perikanan Budidaya bahkan Menteri Kelautan dan Perikanan sudah datang dan menetapkan keempat kabupaten ini menjadi klaster percontohan daripada udang vaname,” jelas Fachrudin.

Fachrudin juga mengungkapkan pihaknya juga akan  mengundang para pengusaha untuk mengembangkan udang vaname. 

“Kita punya sampai ribuan hectare lahan pengembangan udang vaname jadi difasilitasi oleh Dirjen Perikana Budidaya juga akan dikembangkan bukan hanya pembiayaan dari pemerintah tetapi juga dari pihak swasta,” ungkap Fachrudin.

Sementara untuk sector peternakan Fachrudin menuturkan pihaknya sudah membuat percontohan 4 Kabupaten yang tergabung dalam BKSU.

“Ini menjadi percontohan dan studi lapang bagi masyarakat dalam hal ini bagi para peternak bisa melihat bagaimana cara mengembangkan nanti juga masyarakat umum, siswa dan mahasiswa,”tutup Fachrudin. (Tim IKP/Humas/Kominfo)

Sambutan