BPJamsostek Sosialisasikan Manfaat Program Jamsostek Kepada Anggota Korpri Bone Bolango

BPJamsostek Sosialisasikan Manfaat Program Jamsostek Kepada Anggota Korpri Bone Bolango

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo, Hendra Elvian, saat mensosialisasikan manfaat program kepesertaan perlindungan Jamsostek kepada pengurus dan anggota Korpri Kabupaten Bone Bolango, pada Rakerda Korpri Bone Bolango, di Aryaduta Hotel Manado, Sulawesi Utara, Senin (14/3/2022). (F.AKP/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan/BPJamsostek Cabang Gorontalo kembali mensosialisasikan manfaat program kepesertaan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) kepada pengurus dan anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Bone Bolango.
Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait pentingnya serta manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan itu, digelar di sela-sela pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Korpri Bone Bolango, di Aryaduta Hotel Manado, Sulawesi Utara, Senin (14/3/2022).
“Jadi hari ini kami dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo diundang panitia untuk mensosialisasikan manfaat program kepesertaan Jamsostek kepada pimpinan OPD, Dewan Pengurus Korpri, dan anggota Korpri Bone Bolango,”ujar Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo, Hendra Elvian, saat diwawancarai awak media.
Harapannya lewat sosialisasi ini, kata Hendra, bisa menambah pemahaman akan pentingnya program dan manfaat menjadi peserta Jamsostek kepada seluruh OPD dan Dewan Pengurus Korpri untuk disampaikan ke jajarannya, terutama kepesertaan Jamsostek daripada anggota Korpri itu sendiri.
Sebab, pemahaman terkait ruang lingkup pekerjaan anggota Korpri ini pasti berbedalah dengan pekerja pekerja yang lain.”Jadi anggota Korpri ini dilindungi pada saat mereka mengalami kecelakaan kerja di kegiatan-kegiatan Korpri saja. Tidak termasuk dalam kegiatan atau pekerjaannya sebagai ASN,”jelas Hendra Elvian.
Ia mencontohnya, misalnya sekarang kegiatan Rakerda Korpri di Kota Manado. Ketika terjadi risiko kecelakaan pulang atau kembali ke Bone Bolango atau Gorontalo, itu masuk dalam kategori kecelakaan kerja. 
Karena ada kegiatan Rakerda Korpri, tapi kalau sudah sampai di Gorontalo dan sudah bekerja sebagaimana biasannya di kantor sebagai ASN, maka ketika terjadi risiko kecelakaan menuju kantor, itu tidak masuk dalam kecelakaan kerja ruang lingkup Korpri.
”Jadi itu tujuan kita mensosialisasikan program Jamsostek ini untuk memberikan pemahaman secara utuh bagaimana manfaat itu bisa didapatkan oleh peserta anggota Korpri,”terang Hendra Elvian.
Tujuan selanjutnya, tambah Hendra Elvian, diharapkan paling tidak dari dinas-dinas terkait yang dilibatkan dalam kegiatan Rakerda ini, nantinya bisa memberikan atau menyampaikan pentingnya manfaat BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat pekerja di bawah binaannya.
Misalnya ada penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di bawah Dinas Sosial dan mereka merupakan masyarakat pekerja, maka diharapkan mereka itu bisa diedukasi. Kalau ada yang belum terdaftar menjadi peserta Jamsostek, itu kiranya didorong bagaimana mereka bisa mendapatkan perlindungan yang sama dalam program BPJS Ketenagakerjaan.
Begitu juga di Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM, disana banyak pelaku-pelaku UMKM. Kita dorong dan rangkul mereka semua bisa mendapatkan perlindungan Jamsostek.”Tentu kita sangat berharap dorongan dari Pemerintah Daerah bagaimana kita ini bisa memastikan mereka para pekerja terlindungi semua lewat program Jamsostek,”urai Hendra Elvian. (AKP/Tim IKP/Humas/Kominfo)

Sambutan