Bupati Bonebol : Pertanian Tidak Boleh Berhenti

Bupati Bonebol : Pertanian Tidak Boleh Berhenti

Foto untuk : Bupati Bonebol : Pertanian Tidak Boleh Berhenti

BONEBOL - Ditengah pandemi Covid-19 Bupati Bone Bolango Hamim Pou terdepan dalam menggerakan sektor pertanian. Hal ini dibuktikan, Selasa (12/5/2020) Bupati Hamim Pou memimpin gerakan tanam jagung serentak di seluruh Indonesia, sekaligus melakukan video confrence dengan Menteri Pertanian  Sahrul Yasin Limpo di Desa Bongopini, Kecamatan Tilongkabila.
Bupati menegaskan, pertanian tidak boleh berhenti, meski ditengah Pandemi Covid 19. Dijelaskan Bupati, waspadai kemarau panjang, kami meminta petani di Bonebol untuk melakukan penanaman lebih awal. Karena berdasarkan perkiraan FAO dan BMKG kita akan mengalami kemarau yang agak panjang. 
Manfaatkanlah lahan dengan sebaik baiknya, termasuk lahan yg ada di rumah kita jangan dibiarkan kosong. "Menandai dan mewaspadai kemarau panjang itu, hari ini kami melakukan penanaman dengan sistem tumpang sari di tanah ini, ada  jagung dan kedelai diharapkan 80 atau 90 hari kedepan sudah bisa panen,"terang Bupati.
Dijelakan Bupati kondisi Kabupaten Bone Bolango terdiri dari 70 persen wilayah hutan taman nasional dengan arealnya relatif terbatas. Untuk areal jagung saja hanya hanya sekitar 4 ribu hektar dan areal  padi sawah sekitar 2015 hektar dengan produktifitas yang berfaviasi antara 5,2 - 9 ton gabah kering setiap hektarnya.  
Kareana itu untuk memaksimalkan perlu ada terobosan. Ini kemudian diusulkan Bupati saat melakukan video confrence dengan Menteri Pertanian. Bupati mengatakan perlu adanya anggaran belanja modal untuk pencairan sumber-sumber air. 
"Yang dikhawatirkan oleh negara adalah ketiadaan pangan. Olehnya kita mengusulkan adanya alokasi untuk mencari sumber-sumber air untuk memasok ke lahan pertanian,"tegas Bupati dan menegaskan hendaknya  ini juga jadi perhatian kementrian ESDM  agar memperbanyak sumur-sumur bor di perbanyak. 
"Di Bone Bolango kita tidak hanya fokus pada pembagian sembako, namun bagaimana terus mengembangkan sektor pertanian,"pungkasnya. (Afik/AKP)
 

Sambutan