Bupati Bonebol Buka Bimtek e-Monep Berbasis Website

Bupati Bonebol Buka Bimtek e-Monep Berbasis Website

Bupati Bonebol Buka Bimtek e-Monep Berbasis Website

BONEBOL – Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou membuka secara resmi pelaksanaan bimbingan teknis elektronik monitoring, evaluasi, dan pelaporan (Bimtek e-Monep) berbasis website tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2020.
Kegiatan turut dihadiri Ketua DPRD Halid Tangahu, para Wakil Ketua dan Komisi II DPRD Bonebol, serta sejumlah pimpinan OPD dan Camat di lingkungan Pemkab Bonebol itu, dilaksanakan di Aston Hotel Manado, Sulawesi Utara, Kamis (20/2/2020).
Bupati Bonebol Hamim Pou dalam sambutannya mengapresiasi kemajuan yang dicapai oleh Kabupaten Bonebol hingga saat ini. Di antaranya penerapan transaksi non tunai (TNT) di Bonebol yang sudah sampai di tingkat pengelolaan dana desa dan telah menarik perhatian banyak daerah untuk datang berkonsultasi dengan Bonebol.
Pada kesempatan yang sama, Bupati Hamim Pou juga menegaskan bahwa pencapaian prestasi ini disamping kerja sama, kerja keras kita, kerja kompak eksekutif dan legislatif, juga karena masyarakat Bonebol secara umum memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah ini.“Demikian juga dengan adanya dukungan penuh Forkominda Bonebol,”ujar Hamim.
Lebih lanjut Bupati menambahkan, kita harus bersyukur bahwa APBD Bonebol semakin naik dari tahun ke tahun. Untuk tahun anggaran 2020 ini mencapai Rp1, 076 triliun lebih atau terjadi kenaikan sebesar Rp32,8 miliar lebih (3,05%) dibanding tahun 2019 sebesar Rp1,043 triliun lebih.
Sementara itu, total belanja tahun anggaran 2020 sebesar Rp1,076  triliun lebih itu terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp606,2 miliar lebih dan belanja langsung sebesar Rp470,5 miliar lebih.
“Dengan besarnya belanja daerah ini sangat membutuhkan komitmen kita bersama untuk melakukan akselerasi penyerapan anggaran dan percepatan pelaksanaan pembangunan daerah agar perputaran ekonomi masyarakat terus meningkat dengan memperkuat sistem perlindungan sosial, pemberdayaan masyarakat, ketahanan pangan, peningkatan infrastruktur desa dan layanan dasar publik,”tukas Hamim.
Sementara itu, lanjut Hamim, berkenaan dengan percepatan penyerapan anggaran dan pelaksanaan pembangunan fisik, diakuinya dalam pelaksanaannya tak terlepas dari beberapa permasalahan yang menjadi kendala, dan harus dikoreksi bersama. Di antaranya proses pelelangan yang lambat, penyiapan dan ketersediaan lahan.
Selain itu, kurang solidnya manajemen pengadaan barang dan jasa, lambatnya pengumpulan data monep (monioring, evaluasi dan pelaporan), dan kurangnya SDM pengelola pengadaan barang dan jasa pada OPD.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penerapan e-Monep berbasis website ini sangat penting untuk mendukung percepatan penyerapan anggaran dimana pengendaliannya dilakukan oleh tim evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran (Tepra) kabupaten/kota yang terkoneksi langsung secara online dengan pemerintah pusat dibawah pengawasan Presiden.
Dengan harapan dapat membantu semua penanggung jawab dan pelaksana program kegiatan OPD di daerah untuk melakukan pengendaliannya serta mempercepat proses peyerapan anggaran tersebut.
Bupati pun menyambut baik dan mendukung sepenuhnya serta memberikan apresiasi yang setinggi-tingginaya kepada semua peserta yang memberi perhatian untuk percepatan penyerapan anggaran melalui penyelenggaraan Bimtek e-Monep tersebut.
Mari kita sama-sama untuk memanfaatkan dan menerapkan e-Monep ini dengan harapan agar dengan spirit kita semua dalam percepatan angggaran akan berpengaruh besar pula terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Bonebol.
“Saya berharap kepada semua peserta yang mengikuti Bimtek ini agar menindaklanjuti secara serius hasil Bimtek ini dengan melakukan penginputan realiasi fisik dan keuangan secara tepat waktu dan update berdasarkan data yang valid,”pungkas Hamim. (AKP)


 

Sambutan