Bupati Hamim Kenalkan Sastra Bonda, Suwawa, Legedo di Kalangan Milenial Lewat Program Digitalisasi

Bupati Hamim Kenalkan Sastra Bonda, Suwawa, Legedo di Kalangan Milenial Lewat Program Digitalisasi

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou saat menjadi narasumber pada kegiatan Lokakarya Hasil Konservasi Sastra Lisan Legedo di Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Kamis (7/10/2021). (Foto Sandi/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Bupati Bone Bolango, Hamim Pou berkeinginan untuk memperkenalkan dan melestarikan Bahasa Bonda dan Suwawa serta Sastra Legedo kepada kaum milenial melalui sebuah terobosan program digitalisasi.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Bone Bolango itu saat ini para penutur  dan pelantun Bahasa Bonda dan Suwawa serta Sastra Legedo semakin tergerus akibat perkembangan zaman dan teknologi.

“Oleh karena itu saya mempunyai ide bagaimana ini akan kita digitalisasi agar bisa dijangkau oleh para anak-anak dan kaum milenial yang sekarang lebih dekat dengan gadget,” ungkap Bupati Hamim Pou saat menjadi narasumber pada kegiatan Lokakarya Hasil Konservasi Sastra Lisan Legedo di Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Kamis (7/10/2021).

Bupati Hamim mengatakan jika suatu daerah ingin eksis maka kebudayaan yang banyak sekali jenisnya harus terus dijaga, dirawat, dan dipelihara dengan baik. Ia menambahkan hal tersebut merupakan prioritas Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam melestarikan budaya yang ada.

“Saya beri contoh Bahasa Bonda dan Suwawa dalam 25 tahun terakhir ini diambang kepunahan dengan penuturnya tersisa 35 persen. Karena itu pertama kita akan masukkan ini dalam muatan local saya akan bekerja sama dengan sastra-satra terbaik yang ada di Gorontalo yang nantinya akan menjadi suatu sub pelajaran pelestarian Bahasa Bonda yang tentunya juga melestarikan sastra legedo tersebut,” kata Bupati Hamim.

Agar semua terobosan ini akan berjalan dengan lancar, Bupati Bone Bolango dua periode itu berencana akan mengeluarkan Peraturan Bupati terkait pelestarian budaya, Bahasa, dan sastra di Bone Bolango. Sehingga jika Peraturan Bupati tersebut sudah dikeluarkan, Ia berharap kolaborasi dan komitmen bersama pihak terkait agar semua terobosan dan program bisa tercapai. (Tim IKP/Humas/Kominfo)

Sambutan