Bupati Minta Proyek Pemerintah Segera Dilelang

Bupati Minta Proyek Pemerintah Segera Dilelang

BONEBOL – Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou memimpin rapat evaluasi kesiapan pengadaan barang dan jasa di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, di Aula Bappeda-Litbang Bone Bolango, Jumat (13/2/2020).
Rapat evaluasi tersebut diikuti pimpinan OPD yang memiliki kegiatan proyek dan juga para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Pada kesempatan itu, para pimpinan OPD memaparkan sejauh mana perkembangan persiapan dokumen proses pelaksanaan tender maupun lelang pada tiap-tiap kegiatan maupun keproyekan.
Bupati Hamim Pou didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma dan Asisten II Tanwir Ali mengakui betapa lambannya proses pengadaan barang dan jasa. Sementara sekarang sudah di bulan Maret 2020.
Padahal menurut dia, penetapan APBD Bone Bolango tepat waktu. Sudah seharusnya Desember 2019 sudah bisa mulai tahapan proses tender maupun lelangnya. Namun hingga bulan ketiga atau bulan Maret 2020 belum ada yang beres.
“Jadi ada tiga bulan waktu yang hilang karena rendahnya perhatian dari pimpinan OPD terhadap proses pengadaan barang dan jasa tersebut,”tegas Bupati Hamim Pou.
Kata Bupati, betapa proyek-proyek pemerintah itu penting. Apalagi Bone Bolango ini 90% masih bergantung di dana transfer. Karena itu, lanjut dia, proyek-proyek pemerintah ini harus segera dilelang dan dikerjakan dengan demikian masyarakat memiliki pekerjaan, sehingga mereka bisa terima gaji maupun upah. 
Maka dengan sendirinya ekonomi bisa berputar dari belanja modal yang dikeluarkan oleh pemerintah dari sektor fisik ataupun pengadaan barang dan jasa.
Olehnya, Bupati Hamim menegaskan tidak mentolerir lagi terhadap lambannya proses pengadaan barang dan jasa tersebut.”Saya minta paling lambat pekan depan semua proyek-proyek pemerintah yang ada di OPD-OPD ini sudah siap dilelang. Apalagi OPD yang memiliki proyek-proyek strategis,”tegasnya. (AKP)
 

Sambutan