Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Sekda Ishak Minta Pengawasan di Desa dan Kelurahan Ditingkatkan

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Sekda Ishak Minta Pengawasan di Desa dan Kelurahan Ditingkatkan

Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango, Ishak Ntoma saat menjadi narasumber pada Rapat Kerja Dilingkungan Masyatakat dalam rangka Pembentukan Kabupaten Tanggap Ancaman Narkoba Menuju Bone Bolango Bersih Narkoba (Bersinar) yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Bone Bolango. (Foto Indra/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Sekretaris Daerah Bone Bolango, Ishak Ntoma meminta pengawasan ditingkat Desa dan Kelurahan untuk terus ditingkatkan dalam rangka mencegah penyalahgunaan dan penyebaran narkoba.

Ini disampaikannya saat menjadi narasumber dalam Rapat Kerja Dilingkungan Masyatakat dalam rangka Pembentukan Kabupaten Tanggap Ancaman Narkoba Menuju Bone Bolango Bersih Narkoba (Bersinar) yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Bone Bolango, Rabu (25/8/2021).

Ishak Ntoma mengatakan Kabupaten Bone Bolango sendiri merupakan daerah pertama di Provinsi Gorontalo yang melakukan pencegahan narkoba hingga ke tingkat Desa dan Kelurahan.

“Jadi saya berharap setelah kegiatan ini apa yang telah diterima oleh peserta bisa diimplementasikan dalam rangka melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba di desa masing-masing sehingga bisa menjadi contoh untuk desa dan kelurahan lain yang ada di Kabupaten Bone Bolango,” katanya.

Ia juga meminta sistem pengawasan yang ada di Desa dan Kelurahan untuk terus ditingkatkan dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba. Sebab menurutnya hal tersebut merupakan kiat utama yang dapat dilakukan menuju Kabupaten Bone Bolango Bersinar.

“Narkoba ini menjadi musuh kita bersama selain dari Covid-19. Kita Forkopimda berusaha keras untuk melawan musuh ini sebab gerakannya sudah luar biasa,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan berbagai cara dilakukan oleh oknum tertentu untuk mengedarkan narkoba ini contohnya bisa dikemas dalam sebuah permen atau kue yang dapat menjangkau para anak dan remaja.

“Jadi kami Pemerintah meminta kita semua untuk berikhtiar dan bersatu padu membantu TNI/Polri dalam mencegahnya,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan di Kabupaten Bone Bolango sendiri sudah ada satu Rumah Sakit yang khusus yang menjadi tempat rehabilitasi para pengguna narkoba yang disebutnya Bone Pesisir Hospital atau lebih dikenal dengan RSUD Tombulilato.

Sementara itu Kepala Dinas Pemerintah Desa Kabupaten Bone Bolango, Suleman Panigoro meminta para Kepala Desa dan Lurah di Kabupaten Bone Bolango untuk menganggarkan dana dalam rangka sosialisasi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba dilingkungan masyarakat.

“Perbanyak anggaran untuk mencegah narkoba demi keselamatan jiwa bersama karena aturannya juga sudah ada dan jelas di Permendagri,” pungkasnya. (Tim IKP/Humas/Kominfo)

Sambutan