Coaching Clinic Upaya Memberikan Pemahaman Terhadap Penerapan Aplikasi SIPD

Coaching Clinic Upaya Memberikan Pemahaman Terhadap Penerapan Aplikasi SIPD

Wakil Bupati Merlan S. Uloli menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan coaching clinic penyusunan RKA-SKPD tahun anggaran 2022 Kabupaten Bone Bolango, di Aston Gorontalo Hotel & Villas, Sabtu malam (23/10/2021). (F.AKP/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melalui Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD) setempat menyelenggarakan kegiatan coaching clinic penyusunan RKA-SKPD tahun anggaran 2022 Kabupaten Bone Bolango.
Kegiatan yang diikuti para Kasubbag Perencanaan dan Keuangan itu, dibuka secara resmi Wakil Bupati Bone Bolango, Dr. Merlan S. Uloli, di Aston Gorontalo Hotel & Villas, Sabtu malam (23/10/2021).
Wakil Bupati Merlan S. Uloli mengatakan pelaksanaan kegiatan coaching clinic adalah upaya memberikan pemahaman dan tambahan informasi terhadap penerapan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).
Tujuannya adalah untuk mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang transparan, partisipatif, akuntabel, tertib dan disiplin anggaran melalui pengintegrasikan dan penyelarasan perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.
Disamping itu sebagai alat bantu dalam penyusunan RKPD, KUA/PPAS, RKA dan APBD agar dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, tepat dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.”Karena ini tahun kedua kita menggunakan aplikasi SIPD, maka saya yakin bapak ibu peserta sudah sangat mahir dan familiar dalam pengoperasian aplikasi SIPD ini,”kata Wabup Merlan Uloli.
Wabup pun berharap kepada seluruh peserta untuk serius dan tekun dalam mengikuti coaching clinic ini. Rancangan RKA yang diinput adalah benar-benar RKA yang telah dibahas bersama dengan pimpinan OPD masing-masing. 
“Termasuk program dan kegiatan yang dianggarkan adalah yang benar-benar telah direncanakan pada dokumen rencana kerja (Renja) masing-masing OPD serta berorientasi pada pencapaian visi-misi Kabupaten Bone Bolango 2021-2026,”harap srikandi Bone Bolango itu.
Sebelumnya, Kepala BKPD Bone Bolango, Jusni Bolilio, yang juga selaku Plt. Asisten II Setda Bone Bolango menjelaskan kegiatan coaching clinic ini bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya aparatur perencanaan keuangan yang memiliki kompetensi yang unggul dalam menyusun RKA-SKPD pada masing-masing OPD.
“Coaching clinik yang digelar oleh BKPD Bone Bolango bekerja sama Kemendagri ini akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 23-26 Oktober 2021. Pesertanya adalah para Kasubag Perencanaan dan operator perencanaan yang berjumlah sebanyak 112 peserta,”jelas Jusni Bolilio. (Tim IKP/Humas/Kominfo)
 

Sambutan