Distannak Bone Bolango Optimis Target LTT Pajale 2021 Terpenuhi

Distannak Bone Bolango Optimis Target LTT Pajale 2021 Terpenuhi

Kepala Distannak Bone Bolango Roswaty Agus yang turut didampingi Kabid Penyuluhan Yoana Rahman mengikuti Rakor pengawalan dan pendampingan program utama pembangunan pertanian tahun 2021, berlangsung dari tanggal 17- 19 Juni 2021, di Hotel Santika BSD City- Serpong, Kota Tangerang Selatan-Banten. (f.dok.istimewa)

Kominfo, Bonebol – Sebagai upaya percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) padi, jagung dan kedelai (Pajale) untuk memenuhi target LTT dan peningkatan Produksi tahun 2021. 
Badan Penyuluhan, Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPSDMP) Kementerian Pertanian sebagai LO Upaya Khusus  (UPSUS) Pajale Propinsi Gorontalo dan Kalimantan Tengah menyelenggarakan rapat koorinasi (Rakor) pengawalan dan pendampingan program utama pembangunan pertanian tahun 2021.
Kegiatan yang diikuti oleh Kepala Dinas Pertanian, Perwakilan Kepala BPP/Koordinator Penyuluh dan Pengolah Data tingkat kabupaten dari Propinsi Gorontalo dan Kalimatan Tengah itu, berlangsung dari tanggal 17- 19 Juni 2021, di Hotel Santika BSD City- Serpong, Kota Tangerang Selatan-Banten.
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Bone Bolango, Roswaty Agus, dalam pemaparan capaian LTT Kabupaten Bone Bolango Bolango menyampaikan rasa optimismenya untuk target LTT Tahun 2021.”Dengan memaksimalkan potensi sumberdaya yang ada, target LTT padi 5.930 hektar dan jagung 9.257 hektar dapat kita tuntaskan sampai Desember 2021,"kata Roswaty.
Roswaty mengungkapkan berdasarkan pada hasil evaluasi per tanggal 17 Juni 2021 di Kabupaten Bone Bolango capaian realisasi tanam padi baru mencapai 1.925 hektar atau 32,46% dan jagung 2.230 hektar.
“Untuk padi, saat ini petani kita sedang melakukan penanaman sehingga bisa ditargetkan panen pada bulan September 2021. Sementara itu, saat ini telah dilakukan pendistribusian bantuan benih jagung kepada kelompok-kelompok tani untuk percepatan luas tanam jagung,”ungkap Roswaty Agus.
Sementara itu, Kabid Penyuluhan Kabupaten Bone Bolango, Yoana Rahman, menambahkan akan terus melakukan pendampingan dan pengawalan dalam pencapaian target LTT di Kabupaten Bone Bolango.”Bersama penyuluh, kita akan terus melakukan pendampingan da pengawalan melalui gerakan percepatan sehingga target luas tambah tanam Pajale dapat terpenuhi,”tambahnya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Propinsi Gorontalo melalui Kabid Penyuluhan Yusbar Ismail, mengatakan bahwa Rakor ini dimaksudkan untuk meningkatkan sinegritas antara pusat dalam hal ini BPPSDMP Kementerian Pertanian sebagai LO UPSUS Pajale dengan dinas Lingkup Pertanian Di Propinsi Gorontalo.
"Rakor ini dimaksudkan untuk percepatan luas tanam Gorontalo dalam mendukung program utama Kementerian Pertanian. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah strategis sehingga target dapat tercapai dalam kinerja tahun 2021,”kata Yusbar Ismail.
Inang Sariati, selaku perwakilan LO UPSUS Pajale Propinsi Gorontalo menyampaikan perlu adanya langkah-langkah strategis dari Dinas Pertanian yang ada di Kabupaten/Kota, sehingga target dapat terpenuhi secara bersama."Melalui Rakor ini, kita akan carikan solusi secara bersama-sama sehingga target LTT dapat kita tuntaskan,"ujar dia. (Tim IKP/Humas/Kominfo)

Sambutan