Festival Polopalo di Bone Bolango Berhasil Dongkrak Ekonomi Rakyat

Festival Polopalo di Bone Bolango Berhasil Dongkrak Ekonomi Rakyat

Pelaksanaan Festival Polopalo oleh murid SD dan SMP di Bone Bolango yang dilaksanakan dihalaman Kantor Bupati, Kamis (7/10/2021). (Foto Afik/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Pelaksanaan Festival Polopalo yang digagas oleh Platform Kebudayaan Indonesiana Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi di Kabupaten Bone Bolango berhasil membangun ekosistem perekonomian yang menguntungkan bagi rakyat Bone Bolango.

Ini diungkapkan langsung oleh Bupati Bone Bolango, Hamim Pou saat memberikan sambutan pada Festival Polopalo tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati, Kamis(7/10/2021).

Bupati Hamim Pou mengatakan Festival Polopalo ini terselenggara berkat kolaborasi yang hebat antara Pemerintah Daerah, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi, serta masyarakat yang mengedepankan konsep gotong royong.

“Karena kita ketahui bersama melaksanakan Festival Polopalo yang digagas oleh Platform Kebudayaan Indonesiana ini tidak gampang karena banyak seleksi yang dilakukan oleh Kemendikbud untuk dipilih mana yang layak untuk di Indonesianakan,” kata Bupati Hamim.

Bupati Hamim Pou juga menuturkan Festival Polopalo ini betapa banyak ekosistem yang terlibat dan diuntungkan sehingga Ia berharap kolaborasi seperti ini akan dibranding menjadi Festival Kabupaten Bone Bolango di Provinsi Gorontalo.

“Tadi ada 1000 orang dengan pakaian adat yang baru, berapa ratus tukang jahit yang terlibat didalam situ, penjual bambu dan polopalo , para pengemudi bentor yang bisa mengantar masyarakat datang kesini , dan penjual makanan yang terlibat dalam Festival ini,” tutur Bupati Hamim.

Bupati Hamim Pou tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan Festival Polopalo sejak tanggal 4 Oktober hingga 11 Oktober nanti. (Tim IKP/Humas/Kominfo)

Sambutan