Gerak Cepat Plt. Direktur Perumda Tirta Bolango Demi Pelayanan Terbaik Kebutuhan Air Bersih Warga

Gerak Cepat Plt. Direktur Perumda Tirta Bolango Demi Pelayanan Terbaik Kebutuhan Air Bersih Warga

Plt. Perumda Tirta Bolango, Jusni Bolilio, saat melakukan peninjauan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Ulantha dan Lombongo, Sabtu (11/06/2022). (F.dok.istimewa)

Kominfo, Bonebol - Pelaksana tugas (Plt) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Bolango, Jusni Bolilio, melakukan peninjauan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Ulantha dan Lombongo, Sabtu (11/06/2022).
Didampingi Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Anwar Badjarat, Perumda Tirta Bolango, Jusni Bolilio melihat langsung kondisi instalasi serta aktivitas para operator yang bertugas di masing-masing Instalasi Pengolahan Air tersebut.
Plt. Perumda Tirta Bolango, Jusni Bolilio, mengatakan bangunan-bangunan yang ada di instalasi tersebut harus dipelihara dengan baik, karena ini merupakan tempat pengolahan air yang siap di distribusikan ke pelanggan.
Jusni yang juga menjabat Asisten II Setda Kabupaten Bone Bolango ini pun mengaku bersyukur untuk pengolahan air Ulantha saat ini beroperasi dengan baik, dengan kapasitas 25 Lpd yang diharapkan bisa melayani pelanggan yang ada di wilayah Kecamatan Kabila, Tilongkabila dan sebagian wilayah Suwawa. 
“Saya melihat bangunan-bangunan yang ada disini juga itu harus dipelihara dengan baik dan dalam waktu dekat akan kita lakukan pengecatan bangunan serta perbaikan beberapa bagian tangga yang mulai keropos,”kata Jusni.
Mantan Kepala BKPD Bone Bolango ini juga mengungkapkan kedepan akan memfasilitasi operator masing-masing Instalasi Pengolahan Air dengan kendaraan roda dua jenis trail untuk memudahkan petugas mengontrol air di intake.
“Intake kami itu jaraknya lumayan jauh 5 hingga 10 km, dengan kondisi jalan yang tidak bersahabat untuk jenis kendaraan roda dua atau motor matic. Apalagi kalau musim penghujan, medannya berat dilalui. Olehnya kedepan petugas akan kami fasilitasi dengan mobilisasi yang layak, minimal kendaraan roda dua motor jenis trail agar bisa memperlancar pengawasan dari sumber airnya,”ungkap Jusni.
Ia menambahkan terus berupaya memacu pekerjaan-pekerjaan kebocoran pipa Perumda Tirta Bolango di beberapa wilayah yang hingga saat ini berdampak pada pendistribusian air ke masyarakat. Semua petugas yang terlibat dalam pekerjaan tersebut terus dipantau hingga pekerjaannya benar-benar selesai.
“Alhamdulillah untuk pekerjaan yang ada di Suwawa Selatan, yang pipanya putus akibat jalan longsor, itu semalam sudah selesai di sambung. Begitupun dengan kebocoran pipa yang ada di Kecamatan Bulawa, pekerjaannya juga sudah selesai, sehingga kemudian air akan berangsur-angsur normal kembali, dan masyarakat yang ada di Suwawa Selatan, Botupingge dan Bulawa bisa menikmatinya kembali,”tambah Jusni.
Sama halnya dengan pekerjaan perbaikan pipa yang ada di Suwawa Selatan dan Bulawa, wilayah Tapa pun menjadi perhatian serius dari Plt Direktur Perumda Tirta Bolango. Beberapa titik kebocoran telah selesai diatasi tinggal menunggu pengerukan Intake Longalo yang kembali tertimbun material.
“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kadis PUPR untuk bantuan alat beratnya ke Intake Longalo. Alhamdulillah saya sudah mendapat informasi dari Kabag Tekhnik bahwa pekerjaan pengerukan material di Intake Longalo sudah selesai. Kita berharap airnya segera lancar kembali, khususnya untuk pelanggan yang ada di wilayah Tapa cs,”terang Jusni.
Jusni Bolilio diberi amanah sebagai Plt. Direktur Perumda Tirta Bolango sejak tanggal 3 Juni 2022 ini menargetkan untuk menormalkan semua layanan Instalasi Perumda Tirta Bolango. Dengan demikian tidak ada lagi keluhan-keluhan dari masyarakat, dan memudahkan tim penagihan untuk menagih tagihan rekening air. 
Olehnya itu, dia mengajak kepada semua stakeholder, utamanya kepada karyawan/karyawati Perumda Tirta Bolango untuk bersama-sama bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada  masyarakat, karena sudah menjadi tugas pokok dan fungsi Perumda Tirta Bolango sebagai penyedia air bersih di Kabupaten Bone Bolango. (Tim IKP/Humas/Kominfo)

Pewarta : AKP

Editor : AKP

Publis : AKP

Fotografer : F. Istimewa/Perumda Tirta Bolango


 

Sambutan