Gerakan Pramuka Bone Bolango Harus Mampu Menggerakkan Ekonomi Masyarakat

Gerakan Pramuka Bone Bolango Harus Mampu Menggerakkan Ekonomi Masyarakat

Kegiatan Rakercab yang dibuka secara resmi Bupati Bone Bolango Hamim Pou, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bone Bolango itu, digelar di Grand Q Hotel Gorontalo, Minggu (26/12/2021). (F.AKP/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bone Bolango menyelenggarakan rapat kerja cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Bone Bolango tahun 2021.
Kegiatan Rakercab yang dibuka secara resmi Bupati Bone Bolango Hamim Pou, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bone Bolango itu, digelar di Grand Q Hotel Gorontalo, Minggu (26/12/2021).
Bupati Hamim Pou menekankan bahwa keberadaan gerakan pramuka di Bone Bolango tidak hanya berperan dalam kegiatan sosial, penanggulangan bencana, pendidikan, tetapi juga harus mampu menggerakkan ekonomi masyarakat Kabupaten Bone Bolango secara keseluruhan.
Menurut Bupati dengan adanya kebijakan Pemerintah Daerah sejak beberapa tahun silam yang ingin terus memassalkan dan memperkenalkan Pramuka. Dimana setiap tanggal 14 diwajibkan tanpa terkecuali seluruh aparatur di jajaran Pemda Bone Bolango harus memakai baju pramuka. Maka kebijakan ini tentunya berdampak juga terhadap ekonomi masyarakat pasti ikut bergerak.
Hamim menyebutkan dengan kurang lebih 4.000 ASN di Bone Bolango, belum lagi siswa-siswa dari SD hingga SMA yang mencapai puluhan ribu, maka ini akan menjadi peluang bisnis untuk menyediakan dan menjual perlengkapan pramuka. Olehnya itu, di Bone Bolango harus ada garai Pramuka. Garai yang menyediakan dan menjual perlengkapan pramuka lengkap. 
“Ini peluang bisnis. Siapkan kantor atau gedung garai seluruh peralatan pramuka di Bone Bolango. Kalau itu bisa konsisten dilaksanakan, maka berapa banyak uang berputar di masyarakat karena kehadiran pramuka ini,”sebut Bupati Hamim Pou.
Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bone Bolango, Kak Lolly Pou Junus, mengungkapkan harapannya untuk kembali menggairahkan pendidikan kepramukaan di semua tingkatkan di wilayah Kabupaten Bone Bolango, setelah terhenti sejenak akibat terpaan badai wabah pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini.
Olehnya itu, ia membutuhkan persatuan dan kesatuan, serta kekompakan, khususnya dari gerakan pramuka yang berada di garis depan, baik di tingkat gugus depan dan Kwartir Ranting yang akan menjadi ujung tombak kembalinya kemandirian pendidikan kepramukaan di Kabupaten Bone Bolango.
Lolly yang juga anggota DPRD Provinsi Gorontalo itu, juga berharap dukungan Kwartir Daerah, Satuan Karya dari berbagai golongan serta tentunya dukungan Kwartir Nasional dalam kelancaran pelaksanaan kegiatan kepramukaan di Bone Bolango. 
“Dukungan semua pimpinan dan anggota Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bone Bolango juga kami sangat harapkan,”tutup Lolly Pou Junus, yang juga istri Bupati Bone Bolango itu. (Tim IKP/Humas/Kominfo)
 

Sambutan