Hamim Harapkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan Dimanfaatkan Dengan Baik Oleh Ahli Waris

Hamim Harapkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan Dimanfaatkan Dengan Baik Oleh Ahli Waris

Bupati Hamim Pou menyerahkan santunan JKM BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris dari almarhumah Sarah Djafar sebesar Rp42.000.000, pada acara doa arwah ke-40 hari atas meninggalnya almarhumah, di Desa Langge, Kecamatan Tapa, Selasa (29/6/2021). (F.AKP/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Bupati Bone Bolango Hamim Pou menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris dari almarhumah Sarah Djafar sebesar Rp42.000.000.
Santunan JKM dari BPJS Ketenagakerjaan tersebut, diserahkan Bupati Hamim Pou pada acara doa arwah ke-40 hari atas meninggalnya almarhumah Sarah Djafar, di Desa Langge, Kecamatan Tapa, Selasa (29/6/2021).
Bupati Hamim Pou mengungkapkan santunan JKM yang diserahkan itu merupakan program pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Bone Bolango bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo.
Hamim mengatakan lebih kurang 30 ribu warga Bone Bolango yang pekerja sektor informal maupun non formal, ia lindungi lewat program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan untuk dua hal, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).
”Itu premi iurannya dibayarkan oleh Pemda, lewat kebijakan Bupati, sehingga yang 30 ribu warga ini bisa kita lindungi,”kata Hamim Pou dan menambahkan jadi kecelakaan kerja terlindungi dan ketika mengalami risiko kematian dapat jaminan maupun santunan kematian. 
Meski begitu, kata Bupati Hamim, kita tetap menjaga kesehatan. Kalau bekerja harus hati-hati sehingga tidak terjadi kecelakaan kerja.”Saya juga mengimbau warga yang sudah memiliki kemampuan untuk ikut kepesertaan mandiri. Itu lebih bagus lagi, karena program ini sangat membantu masyarakat,”ujar dia.
Bupati pun berharap sekaligus menitipkan kepada ahli waris agar santunan JKM dari BPJS Ketenagakerjaan yang diserahkan itu, digunakan dan manfaatkan betul.”Santunan ini agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, terutama untuk biaya pendidikan anak-anak. Bisa juga memanfaatkan untuk modal usaha sebagai bentuk kenang-kenangan dari almarhumah kepada suami dan anak-anak,”titip Bupati Hamim Pou.
Sebelumnya, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo, Hendra Elvian, melalui Kabid Kepesertaan Aris Gunawan, atas nama BPJS Ketenagakerjaan menyampaikan ucapan belasungkawa kepada ahli waris. Aris juga turut mendoakan almarhumah Sarah Djafar diampuni dosanya dan dilapangkan kuburnya.
Pada kesempatan yang sama, Aris Gunawan, juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah, khususnya Bupati Hamim Pou karena telah mendaftarkan pekerja rentan maupun pekerja informalnya pada program perlindungan Jamsostek BPJS Ketenagakerjaan.
Menurutnya, hingga saat ini BPJS Ketenagakerjaan telah membayarkan santunan JKM sudah miliran rupiah kepada ahli waris yang mengalami risiko kematian. Tentunya ini sebagian dari visi-misi BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya. 
Olehnya itu, ia berharap para pekerja khususnya pekerja yang mempunyai pekerjaan, apakah itu pengemudi bentor (becak motor), pedagang, petani, nelayan, peternak untuk kiranya mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.
”Dengan adanya perlindungan dasar dari BPJS Ketenagakerjaan masyarakat ataupun rakyat yang mempunyai pekerjaan, itu akan kami jamin seluruhnya,”terang Aris dan mengatakan ini adalah bentuk dari keseriusan kami sebagai badan pengelola Jamsostek yang merupakan amanah dari undang-undang, kami coba untuk memberikan manfaat yang lebih besar kepada peserta. (Tim IKP/Humas/Kominfo)

Sambutan