Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hamim Bareng OPD Tanam 5.000 Pohon Aren di Kecamatan Bulango Ulu

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hamim Bareng OPD Tanam 5.000 Pohon Aren di Kecamatan Bulango Ulu

Bupati Hamim Pou bersama jajaran OPD, baik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator melakukan penanaman sebanyak 5.000 pohon aren di wilayah Kecamatan Bulango Ulu, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun 2022, Minggu (5/6/2022). (F.Indra/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) yang diperingati setiap tahun tanggal 5 Juni, dimanfaatkan Bupati Bone Bolango Hamim Pou bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), baik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator melakukan penanaman sebanyak 5.000 pohon aren di wilayah Kecamatan Bulango Ulu, Minggu (5/6/2022).
Aksi penanaman 5 ribu pohon aren dalam memperingati HLHS tahun 2022 yang mengangkat tema “Only One Earth, Satu Bumi Untuk Masa Depan” itu, selain melibatkan OPD, juga melibatkan Pemerintah Kecamatan dan Desa, serta masyarakat setempat.
Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, mengungkapkan aksi penanaman ribuan pohon aren ini, adalah bagian dari usaha pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bone Bolango untuk melestarikan bumi, yaitu dengan melakukan usaha-usaha konservasi  atau perlindungan, terutama dengan melakukan penanaman pohon aren.
Hamim mengatakan sebagaimana kita ketahui pohon aren ini menghasilkan gula merah di Gorontalo, dan menjadi salah satu gula merah terbaik di Indonesia. Dimana masyarakat di wilayah Kecamatan Bulango Ulu ini, sudah ratusan tahun menggantungkan pendapatannya dari gula aren tersebut yang berasal dari pohon aren.
Olehnya itu, lanjut orang nomor satu di Kabupaten Bone Bolango ini,  usaha-usaha penanaman dan budidaya pohon aren seperti ini perlu kita lakukan, karena selama ini kita hanya menerima warisan bahkan jangan-jangan pohon aren ini hanya tumbuh karena bantuan atau di tanam binatang. 
“Maka lewat penanaman secara terencana seperti ini diharapkan pohon-pohon aren ini tetap lestari dan jumlahnya terus bertambah,”kata Hamim, Bupati Bone Bolango dua periode itu.
Apalagi ini, lanjut dia, penanaman ribuan pohon aren ini dalam kaitannya adanya kegiatan proyek strategis di Gorontalo, khususnya di Bone Bolango, yaitu pembangunan Waduk Bulango Ulu. Dimana bisa saja ada ratusan pohon aren yang hilang terdampak pembangunan waduk tersebut. Maka sebagai penggantinya, kita harus menanam kembali pohon aren tersebut. 
“Tentu ini juga merupakan bagian dari keinginan dan upaya kita untuk mewariskan lingkungan yang lebih baik ke masyarakat, karena pohon aren ini sebagai perlindungan, kelestarian hijauan dan juga untuk meningkatkan pendapatan masyarakat,”urai Hamim.
Olehnya, Hamim pun berharap penanaman 5 ribu pohon aren hari ini akan diikuti oleh masyarakat dalam jumlah yang lebih besar lagi.”Saya perkirakan disini ada puluhan ribu pohon aren yang kita harapkan kedepan akan terus bertambah lewat kegiatan-kegiatan penanaman yang terencana seperti ini,”pungkas suami dari anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Lolly Junus itu. (Tim IKP/Humas/Kominfo)

Pewarta : Indra
Pengolah/Editor : AKP
Publis : AKP
Fotografer : Indra/Irul

 

Sambutan