Hasilkan 7,2 Ton Perhektar, Bupati Hamim Sebut Padi Varietas Cakrabuana Hanya 80 Hari Bisa Dipanen

Hasilkan 7,2 Ton Perhektar, Bupati Hamim Sebut Padi Varietas Cakrabuana Hanya 80 Hari Bisa Dipanen

Bupati Dr. Hamim Pou bersama BPTP Gorontalo melakukan panen bersama produksi benih padi varietas VUB Balitbangtan Cakrabuana dan Bioni Ciherang di lahan persawahan padi di Desa Iloheluma, Kecamatan Tilongkabila, Bone Bolango, Rabu (16/3/2022). (F.Jefri For Diskominfo

Kominfo, Bonebol – Bupati Bone Bolango, Dr. Hamim Pou bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo melakukan panen bersama produksi benih padi varietas unggul baru (VUB) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Cakrabuana dan Bioni Ciherang di lahan persawahan padi di Desa Iloheluma, Kecamatan Tilongkabila, Bone Bolango, Rabu (16/3/2022).
“Hari ini saya melakukan panen padi varietas cakrabuana atau popiler di kalangan para petani kita disebut varietas tentara. Ini usianya hanya 80 hari sudah bisa di panen dan hasil ubinannya sekitar 7,2 ton perhektar,”kata Bupati Hamim saat diwawancarai usai melakukan panen padi tersebut.
Orang nomor satu di Bone Bolango ini mengatakan kalau para petani kita menggunakan varietas ini, luar biasa Gorontalo. Apalagi kita ini tidak punya areal persawahan yang luas. 
Bone Bolango saja tidak cukup 3.000 ribu hektar lahan persawahannya, tapi kita punya kekuatan BPTP disini, ada irigasi sekunder dan tersier. Bahkan kita punya irigasi utama di Gorontalo, yakni Irigasi Lomaya dan Irigasi Alale.
Ia pun berharap para petani bisa mencoba varietas cakrabuana ini. Tentu di bawah bimbingan para penyuluh, BPTP, juga dibantu oleh TNI untuk memulai kita menanam varietas padi baru ini. Hasilnya panennya luar biasa, empat kali musim tanam dan empat kali panen dalam setahun.”Itu artinya bisa meningkatkan kesejahteraan petani padi yang ada di Gorontalo,”ujar Hamim. (AKP/Tim IKP/Humas/Kominfo)
 

Sambutan