Jelang Mutasi Besar-Besaran, Pejabat Eselon II di Bone Bolango Ikut Uji Kesesuaian Kompetensi PPTP

Jelang Mutasi Besar-Besaran, Pejabat Eselon II di Bone Bolango Ikut Uji Kesesuaian Kompetensi PPTP

Uji kesesuaian kompetensi PPTP tahun 2021 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, berlangsung selama tiga hari dari tanggal 18-20 September 2021 dan dibuka secara resmi Wakil Bupati Merlan S. Uloli, di Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Sabtu (18/09/2021). (F.Irul/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Menjelang pelaksanaan mutasi besar-besaran pada jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai dari Pejabat Eselon II hingga Staf Pelaksana. Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) setempat menyelenggarakan uji kesesuaian kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) tahun 2021.
Kegiatan yang diikuti sebanyak 28 orang pejabat eselen II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango itu, berlangsung selama tiga hari dari tanggal 18-20 September 2021 dan dibuka secara resmi Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli, di Grand Q Hotel Kota Gorontalo.
Wakil Bupati Merlan Uloli mengatakan kegiatan uji kesesuaian kompetensi ini mempunyai fungsi yang sangat strategis dalam rangka penyelenggaraan reformasi birokrasi, khususnya untuk penempatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sesuai kompetensi secara selektif dan berdasarkan ketentuan yang berlaku.
Sebab, kata Wabup, pembangunan bidang aparatur negara memiliki peran strategis untuk mendukung terwujudnya pemerintahan yang amanah dan efektif, serta keberhasilan pembangunan nasional di berbagai bidang. Melalui pembangunan bidang aparatur negara, diharapkan dapat mewujudkan birokrasi pemerintah yang lebih profesional, berintegritas tinggi, dan mampu menjadi pelayan bagi masyarakat. 
“Pembangunan aparatur negara dilakukan melalui reformasi birokrasi untuk meningkatkan profesionalisme aparatur negara dan untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik di pusat maupun di daerah,”terang Wabup Merlan.
Olehnya, lanjut Wabup, untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas aparatur, maka salah satu cara yang harus dilakukan adalah menciptakan birokrasi yang efektif dan efisien melalui pengembangan SDM Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki integritas dan kompetensi yang tinggi. 
“Aparatur yang saya maksudkan tersebut dapat berfungsi sebagai pendorong dan penggerak reformasi birokrasi dan pembangunan, serta perekat persatuan dan kesatuan bangsa,”ujar Merlan.
Sejalan dengan hal tersebut, lahirnya Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara telah menekankan agar implementasi manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) berbasis pada sistem merit.”Salah satu ide progresif dalam UU ini adalah mengatur pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan melalui seleksi terbuka (open terbuka) dan uji kesesuaian/kompetensi (job-fit),”urai Wabup.
Seleksi tersebut bertujuan untuk pelaksanaan pengembangan karier, pengembangan kompetensi serta promosi Pegawai Negeri Sipil secara kompetitif dan terbuka bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilakukan transparan, objektif dan akuntabel.
“Saya berharap, melalui seleksi ini dapat terpilih PPTP yang kompeten, berdedikasi dan memiliki loyalitas yang tinggi kepada Negara, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango serta memiliki keberpihakan pada kepentingan masyarakat,”pungkas Wabup. (Tim IKP/Humas/Kominfo)

Sambutan