Karyawan BPJamsostek Rela Naik Ojek Demi Sosialisasikan Program di Desa Tulabolo Timur

Karyawan BPJamsostek Rela Naik Ojek Demi Sosialisasikan Program di Desa Tulabolo Timur

Foto untuk : Karyawan BPJamsostek Rela Naik Ojek Demi Sosialisasikan Program di Desa Tulabolo Timur

BONEBOL – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau yang lebih dikenal BPJamsostek, Kantor Cabang Gorontalo melaksanakan sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan hingga ke desa terpencil di Kabupaten Bone Bolango, yakni Desa Tulabolo Timur, Kecamatan Suwawa Timur, Jumat (6/3/2020).
Bahkan untuk bisa menjangkau desa yang berada di kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) ini, karyawan maupun Account Representative Khusus (ARK) dari BPJamsostek Kantor Cabang Gorontalo, Bayu Purnama Ridjadi dan Hafidz Indra Bahtiar, serta Penata Administrasi Pemasaran Sutarmin Sudrajat, harus rela naik ojek, yakni motor-motor yang sudah dimodifikasi.
Mereka juga harus menempuh medan yang terbilang ekstrim dan melewati hutan belantara taman nasional yang jarak tempuhnya sekitar 9 kilometer dari pusat pemerintahan Kecamatan Suwawa Timur.
Di Desa Tulabolo Timur sendiri penduduknya bekerja di sektor pertanian maupun perkebunan, pertambangan, dan juga tukang ojek, serta sebagian bekerja sebagai perangkat desa.
Sosialisasi program BPJamsostek di Desa Tulabolo Timur kesannya sangat luar biasa. Jarak yang ditempuh naik ojek ke wilayah ini lumayan cukup ekstrim, sehingga membuat perjalanan lebih seru. 
“Seumur-umur baru kali ini saya sosialisasi menempuh medannya luar biasa. Ditambah pulangnya naik mobil pick up dan diguyur hujan deras. Jadi basah kuyup. itulah pengalaman yang saya akan ceritakan ke anak-cucu saya nanti,”ujar ARK BPJamsostek Kantor Cabang Gorontalo, Bayu Purnama Ridjadi.
Bayu mengungkapkan dalam kegiatan sosialisasi program perlindungan jaminan sosial BPJamsostek yang dilaksanakan disela-sela rapat rutin PKK tingkat Kecamatan Suwawa Timur di Desa Tulabolo Timur itu, pihaknya menyampaikan terkait dengan program jaminan sosial, diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan juga Jaminan Pensiun (JP).
Ada dua sektor program perlindungan jaminan sosial yang disosialisasikan juga, yakni sektor formal atau penerima upah (PU) dan sektor informal atau bukan penerima upah (BPU). Bayu mengatakan di Suwawa Timur ini, termasuk di Desa Tulabolo Timur sudah lumayan yang ikut kepesertaan BPJamsostek yang di cover Pemkab Bone Bolango lewat basis data terpadu (BDT), kecuali pekerja mandiri atau non BDT. 
Kemudian ada beberapa desa di Kecamatan Suwawa Timur ini yang akan mendaftarkan pesertanya, termasuk PKK-nya. Insya Allah di bulan depan bisa terakuisisi. Harapan kami dengan kegiatan sosialisasi ini masyarakat bisa menjadi lebih sadar akan jaminan sosial. Pentingnya perlindungan untuk para pekerja, khususnya masyarakat di wilayah ini. 
“Apalagi pekerjaan mereka yang cukup ekstrim seperti pemanjat durian, tukang ojek, penambang dan ditambah lagi medan yang dilalui ke desa ini luar biasa ekstrim-nya,”tutur Bayu Purnama Ridjadi.
Sementara itu, Hafidz Indra Bahtiar yang juga selaku ARK BPJamsostek Kantor Cabang Gorontalo menambahkan yang namanya melindungi pekerja itu harus. Meskipun daerahnya di pelosok-pelosok. Apalagi area perlindungan program jaminan sosial di Gorontalo ini adalah satu provinsi.
“Jadi memang ARK seperti kami ini memang harus siap menghadapi segala macam tantangan, kalau itu diperlukan. Berkunjung ke Desa Tulabolo menjadi buah pengalaman yang kami dapatkan disini dan tentu akan menjadi kenangan buat kami nanti,”ujar Hafidz.
Camat Suwawa Timur, Maxmilian Ali mengaku bersykur dengan adanya sosialisasi program perlindungan jaminan sosial dari BPJamsostek. Selaku pemerintah kecamatan merespon dan mengapresiasi sekali program jaminan sosial BPJamsostek ini, karena ternyata banyak masyarakat yang suka masuk menjadi pesertanya. 
“Hal ini dibuktikan setelah sosialisasi banyak yang ingin masuk menjadi peserta BPJamsostek, sehingga kami tentunya lewat pemerintah desa dan kecamatan akan memback up itu,”pungkas Maxmilian Ali. (AKP)

Sambutan