Kawasan Pengembangan Hydroponik Desa Lomaya Bakal Dibangun Sekolah Pertanian

Kawasan Pengembangan Hydroponik Desa Lomaya Bakal Dibangun Sekolah Pertanian

KominfoBonebol - Pemerintah Kabupaten Bone Bolango berencana akan membangun sekolah pertanian yang berlokasi di Kawasan Hydroponik, Desa Lomaya, Kecamatan Bulango Selatan. 
Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bone Bolango, Safri Puili pada kegiatan grand opening Kebun Pecontohan Hydroponik Desa Lomaya, Sabtu (23/1/2021).
Safri Puili mengatakan selain mengembangkan kawasan pertanian pihaknya juga berencana akan membangun sekolah pertanian yang akan menjadi pusat studi modern dan berintegrasi.
“Selain menjadi pusat pertanian kita juga akan menjadikan tempat ini sebagai pusat studi modern dan berintegrasi dengan akan dibangun sekolah pertanian,”kata Safri.
Sementara itu, Rudy Adam selaku pengelola dari tempat pengembangan hydroponik ini menuturkan bahwa pihaknya mendapat dukungan langsung dari Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam pengembangan hydroponik tersebut.
“Dengan diresmikannya pusat pengembangan hidroponik oleh Bupati Bone Bolango maka secara langsung pihak pemerintah daerah mendukung program kita pihak swasta dalam pengembangan hidroponik ini,” tutur Rudy.
Selain itu, Rudy juga mengungkapkan hasil pertanian dari kawasan hydroponik ini sudah dilakukan pemasaran ke swalayan, hotel, restoran, rumah makan dan café juga orang perorangan.“Dengan harga relatif mulai dari 30 ribu hingga 100 ribu rupiah,”ungkap Rudy.
Rudy menuturkan, di tempat pengembangan hydroponik yang mereka kelola sudah dikembangkan 4 varietas,yaitu selada, kailan, caysin, kangkung. Sementara total yang akan dikembangkan berjumlah 20 varietas.
Rudy mengatakan selain akan di bangun sekolah pertanian, kedepan tempat ini bukan hanya menjadi lokasi pertanian, akan tetapi akan kita dorong juga untuk lokasi pariwisata, peternakan dan perikanan. 
Untuk waktu pembangunan kawasan pengembangan hydroponik itu selama 2 minggu dengan total biaya Rp150 juta yang merupakan anggaran dari Dinas Pangan Bone Bolango.”Kami berharap tanaman hydroponik modern ini banyak diminati oleh masyarakat, karena selain pertanian modern yang berkualitas ini juga bebas pestisida yang aman dikonsumsi,”jelas Rudy. (Tim IKP/Humas/Kominfo)

Sambutan