Kecamatan Tapa Jadi Kecamatan Layak Anak

Kecamatan Tapa Jadi Kecamatan Layak Anak

Foto untuk : Kecamatan Tapa Jadi Kecamatan Layak Anak

BONEBOl -  Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou memberi perhatian serius terhadap pemenuhan hak-hak kebutuhan anak dan perempuan yang ada di Bone Bolango. Salah satunya dengan resmi mengukuhkan Forum Anak Cemerlang. 
Selain memperingatan Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day) tingkat Kabupaten Bone Bolango, Bupati Hamim Pou juga sekaligus mencanangkan Kecamatan Tapa sebagai Kecamatan Layak Anak (KLA), di Lapangan Ippot Tapa, Minggu(8/3/2020).
Hamim berharap semua pihak agar bersungguh-sungguh memprhatikan kebutuhan dan keperluan apa saja yang menjadi hak anak. Paling terpenting lagi baginya bagaimana bisa memastikan anak-anak mendapatkan pendidikan yang layak dan juga kesehatan layak. 
Sebab tidak selayaknya anak berusia sekolah tidak berada di bangku sekolah."Karena itu tugas kita semua tidak cuma pemerintah termasuk lembaga masyarakat untuk memoloti memperhatikan apakah ada anak yang justru tidak dibangku sekolah kita harus ajak dan panggil masuk sekolah," ujarnya.
Hamim juga berharap bagaimana perempuan tidak sekedar menuntut kesetaraan saja, tapi juga bisa memenuhi hak-hak mereka sebagai seorang perempuan terutama ibu rumah tangga yang baik dan bertanggungjawab."Saya ingin perempuan jadi motor penggerak, tonggak pemberdayaan masyarakat baik di sektor usaha, pendidikan dan kesehatan,"ujarnya.
Kepala DPPKPPPA Bonebol Mery S. Ngaju mengucapkan selamat Kecamatan Tapa telah mendeklarasikan sebagai Kecamatan Layak Anak. Meri juga mengatakan dengan adanya pengukuhan forum anak cemerlang diharapkan bisa bekerjasama memenuhi kebutuhan anak usia sekolah untuk mengembangkan kepribadiannya dengan baik sehingga saling menularkan hal baik kepada teman sebayanya.
“Insya Allah segala permasalahan tentang anak bisa berlahan kita atasi dengan baik. Begitu juga semua program kita bisa saling bersinergi,”ujar Meri dan menambahkan, Kecamatan Tapa dijadikan Kecamatan Layak Anak, karena mereka sudah ada persiapan. Harapannya kecamatan lain menyusul karena ini program yang tertuang di RPJMD, SAKIP, dan di LPPD. 
Pada kesempatan yang sama, dia juga mengucapkan selamat ulang tahun juga buat perempuan internasional.”Insya Allah menjadi perempuan hebat,”tukasnya.
Sementara itu, Camat Tapa Achril Y. Babyongo mengatakan pihaknya sudah melakukan tahapan-tahapan menuju Kecamatan Layak Anak. Program keedepan setelah dicanangkan sebagai Kecamatan Layak Anak nantinya pertama kali akan menyediakan fasilitas anak disetiap bangunan dan gedung pelayanan pemerintah tingkat Kecamatan Tapa.
"Misalnya tempat bermain anak pojok anak, dilarang merokok, setiap rumah bisa belajar mengaji dan belajar seni budaya. Maka masyarakat diharapkan dapat bekerja sama,"ujarnya.
Ketua TP. PKK Tapa Diedan Martianida Mohammad, juga memastikan terus mendukung Tapa sebagai Kecamatan Layak Anak. Seperti dari dukungan kesehatan disetiap arisan PKK kami telah membentuk forum anak untuk desa-desa.
Kemudian untuk setiap Posyandu kita dari PKK Kecamatan Tapa bekerjasama dengan Puskesmas untuk memonitoring langsung pelaksanaan Posyandu di setiap desa gunanya untuk memastikan hak-hak anak terpenuhi. Apakah anak-anak itu diimunisasi dan lain sebagainya.
”Harapan PKK Tapa kedepan agar semua hak-hak anak terpenuhi. Tidak ada anak dieksploitasi, terutama anak-anak di bawah umur,”tutupnya. (AKP)

Sambutan