Kemajuan Suatu Koperasi Tergantung Anggota Aktif

Kemajuan Suatu Koperasi Tergantung Anggota Aktif

Kadis Perindagkum Imran Bagu menghadiri dan memberikan sambutan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Serba Usaha “Jaya Mandiri” Desa Iloheluma, Kecamatan Tilongkabila, Sabtu (8/2/2020).

BONEBOL – Anggota koperasi yang ada di Koperasi Serba Usaha (KSU) “Jaya Mandiri” Desa Iloheluma, Kecamatan Tilongkabila, diminta ikut berperan dalam memajukan dan mengembangkan koperasinya. Pasalnya kemajuan suatu koperasi tergantung dari para anggotanya, terutama anggota yang aktif.
Hal ini diutarakan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM (Disperindakum) Kabupaten Bone Bolango Imran Bagu saat menghadiri dan memberikan sambutan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Serba Usaha “Jaya Mandiri” Desa Iloheluma, Kecamatan Tilongkabila, Sabtu (8/2/2020).
Imran mengatakan, pada dasarnya kekuatan sebuah koperasi ada pada seluruh anggota dan pengurus.  Untuk tu, seluruh anggota harus memberikan dukungan penuh agar keberadaan koperasi menjadi lebih kuat dan maju.''Prinsip-prinsip koperasi adalah menyejahterakan anggota, tetapi anggota yang juga sekaligus sebagai pemilik juga harus mampu membesarkan dan memajukan koperasi tersebut,”ujarnya.
Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan rapat anggota tahunan, kata Imran Bagu, setiap koperasi itu sesuai amanat Undang Undang Nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian pada pasal 26 ayat 1 menyatakan bahwa setiap koperasi itu wajib melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) sekali dalam setahun.
Apalagi RAT ini merupakan forum tertinggi dalam suatu koperasi, maka diharapkan lewat forum ini para anggota mengevaluasi kegiatan koperasi dan juga pengurus koperasi tersebut. 
“RAT ini menjadi ajang evaluasi para pengurus, pengawas, anggota, serta karyawan untuk memberikan masukan dan juga kritik yang bersifat membangun untuk kemajuan dari koperasi itu sendiri,”tandas Imran Bagu.
Ketua KSU “Jaya Mandiri” Ismail Hajarati mengatakan pelaksanaan RAT ini adalah bentuk tanggung jawab kita yang sudah membuka suatu usaha atau koperasi yang di bawah naungan Disperindakum Bone Bolango. Maka sesuai dengan undang-undang yang ada itu diharapkan melaksanakan RAT.
”KSU Jaya Mandiri sendiri sudah berdiri sejak tahun 2015 dengan jumlah anggota tetap 52 orang dan tidak tetap 100 orang. Alhamdulilah hingga saat ini rutin melaksanakan RAT,”jelas Ismail Hajarati. (AKP)
 

Sambutan