Kinerja Makro Bone Bolango Terbaik di Provinsi Gorontalo

Kinerja Makro Bone Bolango Terbaik di Provinsi Gorontalo

Suasana pelaksanaan upacara bendera pada peringatan HUT ke-17 Kabupaten Bone Bolango tahun 2020 dengan pembina upacara Bupati Bone Bolango Hamim Pou, di halaman Kantor Bupati, Senin (27/1/2020). (F.AKP)

BONEBOL – Tanggal 27 Januari 2020, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) tepat berusia 17 tahun. Di usia remaja dan menuju dewasa ini, daerah hasil pemekaran dari Kabupaten Gorontalo pada tahun 2003 ini semakin bergeliat. 
Bahkan sudah banyak kinerja pembangunan dan capaian-capaian prestasi dan penghargaan yang diraih sepanjang berdirinya kabupaten ini, terutama di masa kepemimpinan Bupati Hamim Pou dan Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone.
Salah satu buktinya adalah dalam laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo maupun BPS Kabupaten Bone Bolango, kinerja makro secara keseluruhan Kabupaten Bone Bolango terbaik di Provinsi Gorontalo.
Kinerja tersebut ditunjukan lewat sektor pendidikan, kesehatan, pendapatan, pengelolaan keuangan, maupun pelayanan publik. Selain itu, lewat laporan akuntabilitas kinerja pemerintahan Kabupaten Bone Bolango sepanjang 2 tahun terakhir ini ada diposisi “BB” dan sangat baik. 
“Bone Bolango, satu dari 3 kabupaten di Indonesia Timur yang mendapatkan nilai LAKIP BB. Begitu juga pengelolaan keuangan 6 tahun berturut-turut tanpa putus, Bone Bolango bisa meraih opini WTP,”kata Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat bertindak sebagai pembina upacara bendera pada peringatan HUT ke-17 Kabupaten Bone Bolango tahun 2020, di halaman Kantor Bupati, Senin (27/1/2020).
Meski memiliki kinerja terbaik, kata Hamim, kita tidak boleh berpuas diri, karena pada faktanya masih banyak orang yang belum mendapatkan layanan pendidikan, masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan layanan kesehatan dengan baik, masih banyak yang stunting, masih tinggi angka kematian ibu dan anak.
Bahkan masih banyak yang belum mendapatkan layanan air bersih, masih banyak yang belum memiliki rumah yang layak, dan masih banyak masyarakat yang belum memiliki jamban. Ini adalah tantangan kita semua untuk terus bekerja lebih baik dimasa-masa yang akan datang. 
Semua kinerja tersebut tidak boleh membuat kita berpuas diri, jemawa apalagi sombong. Kita belum jadi apa-apa. Kemiskinan masih di atas rata-rata nasional walaupun kita yang terendah di lima kabupaten di Provinsi Gorontalo.
Karena itu, Hamim mengajak semua jajaran pemerintahan, ASN, sampai kepada Kepala Desa, Kepala Dusun dan masyarakat Bone Bolango untuk terus bekerja untuk membangun Bone Bolango yang lebih baik, Bone Bolango yang cemerlang, Bone Bolango yang harmoni, dan Bone Bolango yang bahagia.
“Saya mengajak kita semua untuk berkomitmen dengan tema ulang tahun ke-17 Kabupaten Bone Bolango tahun 2020, dengan kerja dan maju bersama untuk Bone Bolango yang lebih baik,”tukas Hamim Pou.
Pantauan dilokasi upacara HUT Bonebol itu, turut dihadiri Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone dan unsur Forkopimda Bone Bolango, Bupati, Wakil Bupati, Wakil Walikota dari Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Provinsi Gorontalo, serta tamu undangan lainnya.
Usai upacara dilanjutkan dengan sidang Paripurna DPRD dalam rangka HUT ke-17 Kabupaten Bone Bolango tahun 2020 di Auditorium Bone Bolango yang dipimpin langsung Ketua DPRD Halid Tangahu. (AKP)
 

Sambutan