Kunjungi BPN Bone Bolango, Komisi 1 Deprov Gorontalo Bahas Percepatan Pembangunan Waduk Bulango Ulu

Kunjungi BPN Bone Bolango, Komisi 1 Deprov Gorontalo Bahas Percepatan Pembangunan Waduk Bulango Ulu

Sekda Ishak Ntoma turut hadir dalam pembahasan persoalan dan percepatan pembangunan Waduk Bulango Ulu dalam kunjungan kerja Anggota Komisi 1 Deprov Gorontalo, Adhan Dambea, di BPN Bone Bolango, Selasa (21/9/2021). (F.Indra/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol - Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) maupun Deprov Gorontalo melakukan kunjungan kerja ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bone Bolango untuk membahas persoalan dan percepatan pembangunan Waduk Bulango Ulu, Selasa (21/9/2021).
Anggota Komisi 1 Deprov Gorontalo, Adhan Dambea, mengatakan kunjungan kali ini dalam rangka menindaklanjuti berbagai keluhan kelompok masyarakat yang sejak beberapa minggu yang lalu hingga kemarin mengeluh soal pembebasan tanah di Bulango Ulu. 
"Memang kita Komisi 1 Deprov Gorontalo sudah pernah datang kesini waktu proses awal pembangunan. Setelah dilakukan penyelesaian persoalan tanah ini kami lakukan pemantauan terus yang merupakan bidang kita soal tanah. Tapi pada minggu yang lalu sampai dengan kemarin sudah 8 kelompok masyarakat mengeluh soal proses tanah dan itu ada hambatan,"kata Adhan. 
Adhan Dambea menuturkan setelah mendapatkan penjelasan dari BPN Kabupaten Bone Bolango, pihaknya menilai prosesnya sudah berjalan baik hanya saja persoalan sekarang ada hambatan dari pihak Balai Wilayah Sungai."Oleh karena itu kami akan menyurat seluruh pihak terkait untuk duduk bersama mencarikan solusi terkait pembangunan waduk ini karena ini merupaka proyek nasional," tutur Adhan. 
Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango, Ishak Ntoma, yang turut hadir dalam pertemuan itu mengungkapkan untuk solusi dari penyelesaian hambatan pembangunan Waduk Bulango Ulu diperlukan pemahaman yang lebih konkrit antara BPN Kabupaten Bone Bolango dan Balai Wilayah Sungai."Dengan demikian solusinya bisa disepakati oleh kedua belah pihak,"ungkap Sekda Ishak. 
Ishak Ntoma juga menambahkan rencananya hari Senin depan pihak Komisi 1 Deprov Gorontalo akan mengundang pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan ini untuk duduk bersama mencarikan solusi terkait hambatan yang terjadi. 
"Senin depan Komisi 1 Deprov Gorontalo akan mengundang kami sebagai Pemerintah Kabupaten, BPN, Balai Wilayah Sungai, Kepala Desa, Ormas, LSM untuk mencarikan solusi terkait hal ini,"pungkas Panglima ASN Bone Bolango itu.
 

Sambutan