LPPD dan SPM Bone Bolango Tahun 2021 Dievaluasi

LPPD dan SPM Bone Bolango Tahun 2021 Dievaluasi

Rakorev LPPD dan SPM yang dipimpin Sekda Ishak Ntoma dan ditutup secara resmi Wakil Bupati Merlan S. Uloli, di ruang Bunaken Lantai 5, Aryaduta Hotel, Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat (11/3/2022). (F.AKP/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango menyelenggarakan rapat koordinasi dan evaluasi (Rakorev) Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2021, yang digelar di ruang Bunaken Lantai 5, Aryaduta Hotel, Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat (11/3/2022).
Kegiatan Rakorev bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara terinci dipimpin Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma dan ditutup secara resmi Wakil Bupati Dr. Merlan S. Uloli.
Rakorev diawali dengan pemaparan terkait evaluasi tren kinerja LPPD dan SPM 2020-2021 Pemerintah Kabupaten Bone Bolango sekaligus pemaparan kinerja setahuan Pemerintahan Hamim Pou dan Merlan Uloli (HP-MU) oleh tim evaluator Dr. Irwan Bempah yang juga selaku Ketua Tim Kerja Bupati.
Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Bupati Merlan S. Uloli menekankan presepsi data yang sering berbeda antara evaluator dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sumber data agar dimininalis. 
Wabup pun meminta komitmen semua OPD. Ia menegaskan siapa yang diberi tanggungjawab, maka jagalah apa yang menjadi tanggungjawab yang diberikan tersebut. Apalagi ini terkait dengan persoalan data yang dibutuhkan dalam penyusunan dokumen LPPD.
“Saya berharap data-data ini setiap tahun pasti dibutuhkan. Maka berikan tanggungjawab itu ke salah satu staf yang tugasnya hanya memolototi data ini. Kemudian harus terkonek dengan petugas pencacah. Disinilah peran pimpinan OPD harus mampu memenej dan mengatur ritme kerja stafnya,”terang Wabup Merlan.
Wabup menegaskan butuh komitmen yang besar dari seluruh OPD untuk bisa segera menyelesaikan dokumen LPPD ini. Sebab ini juga menyangkut harga diri daerah di mata pemerintah pusat.”Jika LPPD kita di bawah nilainya, maka berpengaruh kepada penilaian dari Kementerian Dalam Negeri untuk pimpinan daerah,”tegas Merlan Uloli.
Sebelumnya, Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesra Setda Bone Bolango, Misnawaty Wantogia menjelaskan Rakorev ini digelar bertujuan untuk mendeteksi kinerja mikro setiap urusan yang dilaksanakan oleh OPD dan untuk meningkatkan pelayanan.“Jadi tujuan evaluasi ini dalam rangka untuk mencapai pelayanan terbaik kepada masyarakat,”jelasnya.
Selain itu, Rakorev ini bertujuan agar data kinerja yang kita laporkan harus benar-benar bisa dimanfaatkan.”Jadi kalau ada data-data yang kinerja rendah, ini tentu menjadi acuan bagi kita bagaimana melakukan penyusunan program yang lebih tepat sasaran, sehingga capaian kinerja kita lebih optimal setiap tahunnya,”tandas Misnawaty Wantogia.
Hadir dalam Rakorev LPPD dan SPM, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Tim Kerja Bupati, pimpinan maupun perwakilan OPD, dan para Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango. (AKP/Tim IKP/Humas/Kominfo)

Sambutan