Mal Pelayanan Publik Bone Bolango Diresmikan Dua Menteri Kabinet Jokowi

Mal Pelayanan Publik Bone Bolango Diresmikan Dua Menteri Kabinet Jokowi

Kominfo BoneBol - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo meresmikan pemanfaatan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Bone Bolango, Rabu (27/1/2021).

Peresmian MPP Bone Bolango oleh dua Menteri di Kabinet Jokowi ini dilakukan secara daring yang bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun Kabupaten Bone Bolango yang ke-18.

Menkopolhukam Mahfud MD dalam sambutannya mengatakan keberadaan MPP ini sangat penting, karena akan terjadi pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman.

”Kenapa kehadiran MPP ini penting, karena selama ini banyak sekali keluhan di masyarakat bahwa pelayanan publik kita itu lelet atau lambat. Tidak mudah dan bertele-tele, terkandang tidak terjangkau karena tempatnya jauh dan tidak nyaman,”kata Mahfud MD. 

Bahkan, kata Mahfud, dulu sering ada yang mengatakan bahwa pelayanan publik yang diberikan oleh birokrasi itu koruptif. Artinya dulu pernah ada semboyan kalau bisa diperlama kenapa harus dipercepat.

“Karena kalau diperlama pasti ada pungutan-pungutan liar yang diambil disitu. Sehingganya pemerintah menyambut baik dan membuat dorongan melalui berbagai regulasi agar ada proses pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman,”ungkap Mahfud.

Mahfud pun mengaku bersyukur dan menyambut gembira kehadiran MPP di Bone Bolango, karena salah satu bentuk merespon dorongan pemerintah agar menjadi lebih efektif dan efisien dalam membangun pelayanan publik yang lebih baik.

“Sekarang orang tidak boleh lagi dimain-mainkan terhadap pelayanan kepada masyarakat. Karena semua pelayanan publik sudah terukur,”ujar

Mahfud sembari menyampaikan ucapan selamat kepada Bupati Hamim Pou, karena Bone Bolango merupakan daerah yang pertama di Gorontalo yang membuat MPP dengan 269 layanan yang siap melayani masyarakat setiap hari.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan bahwa kehadiran MPP di Kabupaten Bone Bolango merupakan apresiasi dari pemerintah pusat, dimana selama 3 tahun berturut-turut Kabupaten Bone Bolango mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) salah satu yang tertinggi di Indonesia.

"Maka melalui DID yang kami wujudkan adalah pendirian MPP Bone Bolango yang merupakan MPP pertama di Provinsi Gorontalo,"kata Hamim.

Hamim menyebutkan ada 269 layanan yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango di MPP tersebut untuk seluruh masyarakat. Semua one stop service. Semua layanan di dalam satu gedung. 

“Ini akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan berbagai jenis layanan dengan aturan yang jelas, biaya yang jelas dan waktu yang jelas. Tentu ujung-ujungnya adalah tercapailah kepuasaan publik atas layanan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango,”tutur Bupati Hamim Pou.

(Tim IKP/Humas/Kominfo)

Sambutan