Menikmati Edu-Geowisata di Bonebol, Tempat Fosil Manusia Oluhuta Ditemukan Hingga Lautan Terangkat

Menikmati Edu-Geowisata di Bonebol, Tempat Fosil Manusia Oluhuta Ditemukan Hingga Lautan Terangkat

Fosil kerangka manusia Oluhuta yang diperkirakan berumur ratusan tahun tertimbun di kedalaman tanah 2 meter, Desa Oluhuta, Kecamatan Kabila Bone. (F.dok.istimewa)

Kominfo Bonebol - Berwisata di Kabupaten Bone Bolango rasanya tak lengkap jika tidak mengunjung Edu-Geowisata “Oluhuta Journey” yang terletak di Desa Oluhuta, Kecamatan Kabila Bone. 
Menempuh waktu 30 menit dari ibukota Provinsi Gorontalo, wisatawan nantinya akan disuguhkan dengan sebuah journey finding maps yang di dalamnya terdapat dan ditemukan situs maupun fosil kerangka manusia Oluhuta yang diperkirakan berumur ratusan tahun tertimbun di kedalaman tanah 2 meter, serta pemandangan lautan terangkat. 
Kerangka manusia Oluhuta ini ditemukan pada tahun 1994 oleh seorang masyarakat yang ingin menggali tanah untuk membangun rumah. Artefak bersejarah ini berjumlah tujuh buah beliung yang berbentuk persegi terbuat dari batu. 
Sementara untuk wisata lautan terangkat para wisatawan bisa memilih dua opsi perjalanan yaitu dengan berjalan kaki atau menaiki perahu sembari menikmati keindahan bawah laut. 
Reza Dwi Julianto Mohama mengatakan ia bersama para mahasiswa PHP2D ingin mengembangkan tujuh potensi yang dimiliki oleh Desa Oluhuta yang di antaranya situs kerangka manusia oluhuta dan wisata lautan terangkat."Kami menilai keduanya ini jarang ditemukan ditempat lain yang ada di Gorontalo,"ungkap Reza. 
Ia menuturkan di Oluhuta Journey Finding telah menyediakan satu ruang pusat informasi untuk para wisatawan yang datang berkunjung. (Tim IKP/Humas/Kominfo)
 

Sambutan