Menparekraf RI Sampaikan Pesan Lewat Pantun Saat Resmikan Rumah Kreatif di Bone Bolango

Menparekraf RI Sampaikan Pesan Lewat Pantun Saat Resmikan Rumah Kreatif di Bone Bolango

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, berkesempatan mengunjungi sekaligus meresmikan Rumah Kreatif Bone Bolango di Desa Langge, Kecamatan Tapa, Minggu (7/11/2021). (F.AKP/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, berkesempatan mengunjungi sekaligus meresmikan Rumah Kreatif Bone Bolango di Desa Langge, Kecamatan Tapa, Minggu (7/11/2021). 
Rumah Kreatif ini diketuai oleh Saiful Suga yang merupakan perancang baju adat Gorontalo yang beberapa bulan silam baju adat tersebut pernah digunakan Sandiaga Salahuddin Uno bahkan Presiden Global Tourism Forum, Bulut Bagci. 
Menteri Sandi mengajak Bupati Bone Bolango, Hamim Pou untuk meningkatkan kualitas produk lokal dan mencipatakan karya terbaik dari Rumah Kreatif ini bersama Wakil Gubernur, Idris Rahim. 
"Pergi memancing diatas kapal, menangkap ikan cakalang 3 kilo, Pak Bupati mari tingkatkan kualitas produk lokal bersama Pak Wagub, ciptakan karya terbaik dari Rumah Kreatif Gorontalo,"ujar Menteri Sandi dalam pantunnya. 
Menteri Sandi mengungkapkan Rumah Kreatif yang baru diresmikan ini telah menorehkan sejarah di Indonesia dimana Presiden Global Tourism Forum, Bulut Bagci menggunakan baju adat Gorontalo saat mengukuhkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai tokoh pariwisata dunia. 
"Presiden Jokowi dipilih bukan karena jumlah dari kunjungan wisatawan, tetapi karena penanganan Covid yang mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga,"ungkapnya. 
Olehnya itu, menteri berdarah Gorontalo ini berpesan kepada Wakil Gubernur Gorontalo, Bupati Bone Bolango dan Wakil Bupati untuk tetap menjaga pengendalian Covid-19. Sebab menurutnya itulah moment kepulihan pariwisata ekonomi kreatif dan juga penciptaan lapangan kerja.
"Makan sate tuna pakai nasi, diakhiri dengan makan kue keju. Bersama Gemawira Gorontalo, ciptakan kolaborasi bangkitkan Parekraf untuk Indonesia maju,"ucap Sandi pada pantun keduanya. 
Sementara itu, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou berharap dengan diresmikannya Rumah Kreatif ini menjadi sinyal dukungan Kemenparekraf untuk para pelaku wisata dan UMKM di Bone Bolango. 
Hamim menyampaikan bahwa Kabupaten Bone Bolango mempunyai sarana  pariwisata yang lengkap yaitu alam, budaya, sejarah, spiritual dan juga produk-produk kreatif. Seperti halnya yang di produksi oleh Syaiful Suga, baju adat daerah yang digunakan oleh Menteri Parekraf Sandi Uno dan President World Tourism Forum Institute (WTFI) Bulut Bagci.
Rumah Kreatif Gemawira Gorontalo di Bone Bolango sendiri, kata Hamim, diprakarsai dan didirikan  oleh Komunitas Gemawira dibantu oleh Pemerintah Daerah Bone Bolango untuk menampung dan memamerkan  produk-produk ekonomi kreatif dan UMKM dari pelaku usaha di Gorontalo, khususnya di Bone Bolango di bawah binaan Komunitas Gemawira serta wadah untuk melakukan pendampingan dan pembinaan wirausaha.
Sementara itu, dalam rilis yang dikirimkan ke tim redaksi, Ketua Umum Gemawira Diantri Lapian mengatakan pembinaan wirausaha yang dilakukan untuk para pelaku ekonomi kreatif yang tergabung dalam rumah kreatif Gorontalo, ini adalah berupa penyelenggaraan pelatihan baik soft skill maupun hard skill, digitalisasi, kurasi produk.
Selain itu, membangun jaringan serta membuka akses pasar secara nasional dan internasional, juga  sebagai tempat untuk berdiskusi, sinergi dan kolaborasi baik dengan sesama pelaku usaha di bawah binaan Gemawira (Gerakan Masyarakat Wirausaha) juga dengan organisasi lain, perusahaan dan pemerintahan .
Ketua Gemawira Gorontalo Chully Kono, mengungkapkan lebih dari 500 item produk yang ditampilkan dalam Rumah Kreatif Gorontalo, yakni berbagai produk kuliner, craft, fashion karya dari Pelaku Ekonomi Kreatif Gorontalo. 
Ketua Gemawira Kabupaten Bone Bolango,  Yunilia Uno, menyampaikan terima kasih atas support dari Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dan pelaku ekonomi kreatif Bone Bolango atas terselenggaranya peresmian Rumah Kreatif Gemawira Gorontalo di Bone Bolango.
Daerah dimana banyak terdapat pelaku ekonomi kreatif, sehingga pelaku ekonomi kreatif di Gorontalo, khususnya di Bone Bolango mendapatkan wadah untuk meningkatkan kualitas produk dan pasarnya.
Secara terpisah, Ketua Rumah Kreatif Gemawira Bone Bolango yang juga pengurus Gemawira Bone Bolango, Syaiful Suga, yang produk baju adatnya dipakai oleh Sandiaga Uno, menyampaikan bahwa para pelaku ekonomi kreatif sangat bersyukur dengan adanya Rumah Kreatif Gorontalo binaan Gemawira ini dengan memberikan pendampingan dan pembinaan wirausaha yang akan dapat meningkatkan kualitas produk, kreativitas dan inovasi dari para pelaku ekonomi kreatif Gorontalo.
“Tidak hanya itu, adanya Rumah Kreatif Gorontalo ini, telah membuka akses pasar yang lebih luas. Seperti contohnya produk baju adat dari saya sendiri melalui promosi dari Komunitas Gemawira produknya bisa dipakai oleh Menteri Sandiaga Uno dan Bulut Bugci selaku President WTF di event Internasional GFTI 2021 di Jakarta,”tutup Syaiful Suga. (Tim IKP/Humas/Kominfo)

 

Sambutan