Merlan : Pemkab Bonebol Komitmen Majukan Pariwisata Daerah

Merlan : Pemkab Bonebol Komitmen Majukan Pariwisata Daerah

Wabup Dr. Merlan S. Uloli mendampingi Direktur Pengembangan Destinasi Regional II, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Dr. Wawan Gunawan, dalam kunjungan kerjanya di obyek Wisata Hiu Paus di Desa Botubarani Kecamatan Kabila Bone, Rabu (31/3/2021). (F.AKP/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Pemkab Bonebol) terus berkomitmen untuk bagaimana memajukan pariwisata daerah. Sebagai bagian dari keseriusan pemerintah daerah di bidang pariwisata.
Hal ini disampaikan Wakil Bupati Kabupaten Bone Bolango Dr. Merlan S. Uloli dihadapan Direktur Pengembangan Destinasi Regional II, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Dr. Wawan Gunawan, dalam kunjungan kerjanya di obyek Wisata Hiu Paus di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Rabu (31/3/2021).
Berbicara pariwisata, kata Wabup Merlan, ada 11 kewenangan yang diberikan oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou kepada dirinya setelah dilantik sebagai Wakil Bupati. Salah satunya pengembangan obyek wisata di Bone Bolango.
Olehnya, lanjut Merlan, ia merasa bersyukur karena bisa hadir langsung di lokasi wisata Hiu Paus dan ikut di dalam komunitas untuk membicarakan masalah pariwisata di Bone Bolango.
“Ini langkah awal saya dan saya siap belajar terkait bidang pariwisata. Sebab, tidak semuanya saya tahu tentang seluruh aktivitas di pemerintahan, termasuk di dalamnya bidang pariwisata,”ujar Wabup Merlan.
Merlan menuturkan karena sebelum menjadi Wakil Bupati Bone Bolango, dirinya berangkat dari Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni dari Kepala Dinas Dukcapil Kota Jayapura.”Karir saya di Dinas Dukcapil mulai dari Kabid, Sekretaris hingga menjadi Kepala Dinas. Jadi manusiawi jika ada keterbatasan ilmu di setiap manusia,”tutur Wabup.
Diakhir penyampaiannya, Wabup Merlan atas nama pemerintah daerah, menyampaikan terima kasih kepada Direktur Pengembangan Destinasi Regional II, Kemenparekraf, Wawan Gunawan, telah berkunjungan ke Bone Bolango, khususnya menyaksikan langsung keberadaan Hiu Paus yang ada di obyek wisata Hius Paus, Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone.
Sementara itu, Direktur Pengembangan Destinasi Regional II, Kemenparekraf, Wawan Gunawan, mengungkapkan keberadaan wisata Hius Paus di Desa Botubarani, Bone Bolango, Gorontalo merupakan yang terbaik di antara tiga daerah wisata Hiu Paus di Indonesia.
Menurutnya, jika dibandingkan dengan lokasi Hiu Paus di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur dan Teluk Cenderawasih, Papua Barat. Lokasi wisata Hiu Paus di Botubarani, Bone Bolango, Gorontalo mudah terjangkau dengan durasi waktu yang sangat singkat.
Tentu ini menjadi potensi yang luar biasa, tinggal bagaimana upaya kita merawat dan menjaga kelestarian wisata Hiu Paus ini supaya berkelanjutan.”Semakin dilestarikan, maka semakin mensejahterakan.Ini potensi endemik yang tidak ada di tempat-tempat lainnya, hanya ada tiga daerah,”tukas Wawan Gunawan.
Di saat yang sama, Wawan juga mengaku sangat terkesan melihat dari dekat empat ekor Hiu Paus dari atas perahu yang ditumpanginya.”Luar biasa sensasinya. Saya tadi bahkan sampai merinding,”paparnya.
Turut hadir dalam kunjungan Direktur Pengembangan Destinasi Regional II, Kemenparekraf itu, di antaranya Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Rifki Katili , Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Bone Bolango Lukman A, Daud, dan Camat Kabila Bone Dahlan Tomelo, serta tamu undangan lainnya. (Tim IKP/Humas/Kominfo)
 

Sambutan