Meski APBD 2022 Terjadi Penurunan, Bupati Hamim Pastikan Gaji dan Tunjang Aparat Desa Tidak Turun

Meski APBD 2022 Terjadi Penurunan, Bupati Hamim Pastikan Gaji dan Tunjang Aparat Desa Tidak Turun

Sejumlah Kepala Desa, Aparat Desa, dan BPD se-Kecamatan Bulango Selatan mengikuti bimbingan teknis peningkatan kapasitas, di Aston Gorontalo Hotel & Villas, Jumat (29/10/2021). (F.AKP/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Berbagai cara dilakukan oleh Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, untuk terus meningkatkan semangat kerja para aparat Desa diseluruh wilayah. Salah satu cara dengan memastikan tidak aka nada potongan gaji dan tunjangan bagi aparat desa meskipun ditengah keterbatasan anggaran.
Hal ini ditegaskannya pada bimbingan teknis peningkatan kapasitas Kepala Desa, Aparat Desa, dan BPD se-Kecamatan Bulango Selatan, di Aston Gorontalo Hotel & Villas, Jumat (29/10/2021).
Bupati Hamim mengungkapkan tahun 2022 Pemerintah Kabupaten akan kehilangan pendapatan mulai dari menurunnya APBD dari Rp1,08 Triliun menjadi kurang lebih Rp900 Miliar. Ia menjelaskan penurunan ini karena terjadi juga penurunan pendapatan negara.
Dengan turunnya APBD kita, tentu ini juga akan berdampak pada menurunnya besaran alokasi Dana Desa (DD). Karena itu, saya sudah mengambil kebijakan, walaupun alokasi DD turun, gaji dan tunjangan kepala desa dan aparat desa tidak boleh turun. Hal ini untuk menjaga semangat para aparat desa agar tetap berkinerja yang tinggi,”ungkap Bupati Hamim.
Bupati Bone Bolango dua periode itu juga mendorong setiap desa untuk meningkatkan kemandirian masyarakat melalui kegiatan usaha baik untuk kaum perempuan, pemuda, serta kaum lainnya.“Ini harus kita kerjakan bersama. Di APBD Kabupaten sudah kita alokasikan, maka di desa juga harus demikian,”pungkas Hamim. (Tim IKP/Humas/Kominfo)
 

Sambutan