Miniatur Kapal Pinisi, Souvenir dari Bonebol Untuk Menunjang Ekowisata

Miniatur Kapal Pinisi, Souvenir dari Bonebol Untuk Menunjang Ekowisata

BONEBOL – Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) berhasil membuat produk lokal miniatur Kapal Pinisi. Kapal Pinisi sendiri merupakan kapal layar tradisional  khas Indonesia yang berasal dari Suku Bugis dan Suka Makassar di Sulawesi Selatan.
Produk miniatur Kapal Pinisi ini ditampilkan pada acara Ngopi Pagi dan Bincang Kreatif bersama Bupati Bone Bolango Hamim Pou yang mengangkat tema “Kerja dan Maju Bersama Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif” yang digagas oleh Komite Ekonomi Kreatif Bone Bolango (Kekraf Bonebol), di Pendopo Bandayo Rumah Dinas Bupati, Sabtu (14/3/2020). 
Kerajinan tangan miniatur Kapal Pinisi ini berhasil diciptakan lewat tangan kreatif dan terampil dari salah satu seorang pelaku ekonomi kreatif asal Bone Bolango, Ahnan Hasan. 
Menurut Ahnan untuk memproduksi maupun membuat kerajinan tangan miniatur Kapal Pinisi ini membutuhkan waktu sekitar 30 hari. Bahan bakunya sendiri, kata dia, berasl dari limbah kayu mahoni dengan layar mengembang dari kain dan seutas tali.“Miniatur Kapal Pinisi ini merupakan produk pertama yang berhasil dibuat dari tangan kreatifnya,”ujar Ahnan.
Bupati Hamim Pou, selaku Ketua Dewan Pembina Kekraf Bone Bolango mengatakan miniatur Kapal Pinisi ini merupakan produk yang luar biasa. Nanti kita bisa kolaborasikan dengan jejaring Kekraf lainnya.”Ajak pengrajin kain kerawang untuk pembuatan layarnya dan tali layar dibuat dari bahan mintu, sehingga kita bisa mengangkat kearifan lokal,”ujar Hamim.
Hamim pun berharap miniatur Kapal Pinisi ini bisa menunjang ekowisata di Bone Bolango dalam hal pemenuhan kebutuhan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Terutama untuk kebutuhan souvenir dan oleh-oleh yang akan di bawa pulang oleh para wisatawan ke daerahnya masing-masing. (DIA/AKP)
 

Sambutan