MTQ IX Tingkat Kabupaten Bone Bolango Resmi Dibuka

MTQ IX Tingkat Kabupaten Bone Bolango Resmi Dibuka

Foto untuk : MTQ IX Tingkat Kabupaten Bone Bolango Resmi Dibuka

BONEBOL – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) IX tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2020 mulai digelar, setelah dibuka secara resmi Bupati Bone Bolango Hamim Pou, di Lapangan Likada Kecamatan Kabila, Senin (16/3/2020) malam.
Ratusan kafilah dari 18 kecamatan begitu antusias dan semangat mengikuti defile. MTQ IX ini mengangkat tema “MTQ Kabupaten Bone Bolango adalah Sebagai Momentum Dalam Mengisi Pembangunan Bangsa yang Beragama dan Menciptakan Generasi Qur’ani”.
“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim dan memohon Ridho Allah SWT, saya Bupati Bone Bolango dengan ini membuka secara resmi MTQ ke-IX tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2020. Semoga Allah SWT meridhoi usaha kita semua. Selamat berlomba,”ucap Bupati Hamim Pou dalam sambutan singkatnya.
Pada pembukaan MTQ yang dihadiri langsung Wasekjen)Bidang Kerukunan Antar Umat Beragama, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nadjamuddin Ramly, Forkopimda, Sekda Ishak Ntoma selaku Ketua LPTQ Bone Bolango, dan Kepala Kemenag Bone Bolango Suleman Tongkonoo itu, juga dikukuhkan dan dilantik majelis dewan hakim/juri MTQ ke-IX tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2020.
Sebelumnya, Ketua Panitia yang juga Kabag Pemerintahan dan Kesra Setda Bone Bolango Misnawaty Wantogia menjelaskan tujuan dilaksanakannya MTQ ke-IX itu, tidak lain adalah untuk mensiarkan Islam dengan bacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an. 
Selain itu, meningkatkan ukhuwah Islamiyah, memotivasi masyarakat untuk meningkatkan minat baca tulis huruf Al-Qur’an, dan meningkatkan pemahaman dan pengamalan peserta tentang kandungan kitab suci Al-Qur’an.
Misnawaty menambahkan kegiatan yang akan dilaksanakan dari tanggal 16-21 Maret 2020 ini, diikuti 276 peserta dari 18 kecamatan dengan berbagai macam cabang lomba yang dimusabaqahkan, di antaranya cabang tartil 17 peserta, cabang tilawah 44 peserta, cabang tahfidz 1 Juz 12 peserta, cabang tahfidz 5 Juz 4 peserta, cabang tahfidz 10 Juz 3 peserta, cabang tahfidz 20 Juz 1 peserta, dan cabang tahfidz 30 Juz 1 orang.
Selanjutnya, untuk cabang fahmil Qur’an 3 peserta, cabang syarhil Qur’an 3 peserta, cabang khottil Qur’an golongan dekorasi 5 peserta, cabang khottil Qur’an golongan hiasan mushaf 5 peserta, cabang khottil Qur’an golongan naskah 4 peserta, cabang khottil Qur’an golongan kontemporer 5 peserta, dan sadela 70 peserta. (AKP)


 

Sambutan