Pangkas Program Kegiatan Hingga Penghematan Anggaran Sebesar Rp75 Miliar

Pangkas Program Kegiatan Hingga Penghematan Anggaran Sebesar Rp75 Miliar

Cara Hamim Pertahankan SAKIP BB

BONEBOL - Yogyakarta jadi saksi bagaimana pemerintah daerah Bone Bolango diapresiasi atas keberhasilannya melakukan perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, dan efisien melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). 
Dimana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemPAN-RB) menyerahkan hasil evaluasi SAKIP tahun 2019 dengan predikat “BB” pada pelaksanaan SAKIP Award 2019 kepada pemerintah daerah pada wilayah III.
Penyerahan raport akuntabilitas kinerja pemerintah daerah ini dilakukan oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, di Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (24/2/2020)
Informasinya sebanyak 190 pemerintah daerah di wilayah III diberikan hasil evaluasinya serta rekomendasi. Hasilnya Bone Bolango jadi yang terbaik se Provinsi Gorontalo dengan nilai SAKIP “BB”.
Prestasi yang ke tiga kali ini direspon baik Bupati Bone Bolango Hamim Pou. Bupati pun menyampaikan apa yang dilakukan Pemerintah Daerah hingga bisa secara beruntun mendapatkan nilai SAKIP “BB”.
SAKIP award BB atau sangat baik kami persembahkan kepada masyarakat dan ASN Bone Bolango."Salah satu manfaat SAKIP adalah bagaimana kita menyederhanakan program, anggaran dan kegiatan dan berfokus pada hasil yang bìsa dinikmati langsung masyarakat,"terang Bupati.
Menurut Hamim, jika selama ini program dan kegiatan bisa ribuan per tahun, yang tentu saja menguras anggaran. Alhamdulillah kini hanya sekitar 400 kegiatan. Tahun lalu kami menghemat anggaran yang tidak jelas ukurannya hingga Rp75 miliar dan mengalihkan ke hal yang lebih bermanfaat.
"SAKIP BB membuat kita diganjar dengan insentif Rp9,5 miliar dan hasilnya kita bisa membangun Mall Pelayanan Publik (MPP) 2019. Satu dari 24 MPP di tanah air,"ungkap Hamim.(Afik-AKP)

Sambutan