Pemberlakuan Retribusi Masuk Diharapkan Bisa Perbaiki Fasilitas Wisata

Wabup Merlan Uloli memberikan sambutan pada kegiatan pembekalan para penjaga pos maupun petugas retribusi wisata di Kecamatan Kabila Bone, di Kedai Sebrang Jawa, Huangobotu, Rabu (13/10/2021). (AKP/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Pemberlakuan retribusi masuk bagi pengunjung diharapkan bisa memperbaiki fasilitas-fasilitas yang ada di tempat wisata.
Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli mengatakan pemberlakuan retribusi masuk di tempat wisata untuk para pengunjung ini telah dikomunikasikan dan disepakati dengan Camat dan Kepala Desa di Kecamatan Kabila Bone, tokoh masyarakat, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). 
“Ini kita lakukan untuk  peningkatan PAD Bone Bolango lebih baik agar Bone Bolango mampu memperbaiki fasilitas-fasilitas khususnya di tempat wisata,”kata Wabup Merlan pada kegiatan pembekalan para penjaga pos maupun petugas retribusi wisata di Kecamatan Kabila Bone,  di Kedai Sebrang Jawa, Huangobotu, Rabu (13/10/2021).
Menurut Wabup Merlan masih banya hal yang harus dibenahi di objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Bone Bolango, khususnya dalam pembangunan fasilitas penunjang. Olehnya itu, ia berharap dari penarikan retribusi ini dapat dimanfaatkan dan digunakan dalam membangun fasilitas tersebut.
“Untuk itu, hari Sabtu akan kita mulai, saat ini sudah dimulai dengan pemasangan spanduk-spanduk terkait dengan tarif retribusi. Orang besar Rp5.000, dan anak-anak di bawah umur 12 tahun Rp3.000,”terang Wabup Merlan yang turut didampingi Kepala BKPD Jusni Bolilio yang juga Plt. Asisten II, Tim Kerja Bupati Upik Nadjamudin, Camat Kabila Bone Dahlan Tomelo, serta perwakilan dari Disparekraf dan Kapolsek Kabila Bone.
Bukan hanya itu, Wabup juga berharap dengan penarikan retribusi di tempat wisata dapat pula mendukung pembangunan disektor lain yang ada di Kabupaten Bone Bolango. Seperti perbaikan jalan, Puskesmas, dan Sekolah.“Semuanya itu untuk kepentingan seluruh masyarakat Bone Bolango, khususnya masyarakat di Kabila Bone,”ungkap Wabup Merlan.
Ia juga menekankan penarikan retribusi masuk di tempat wisata tidak akan mengganggu pendapatan masyarakat yang selama ini sudah berjalan. Sebab yang akan diambil oleh pihak Pemerintah hanya  bagian dipintu masuk.”Insya Allah ini bagian ikhtiar kita untuk kemajuan Bone Bolango,”ujar Wabup Merlan.
Pada kesempatan itu, Wabup juga berharap komitmen dari para petugas pemungut retribusi yang direkrut untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan sebaik-baiknya. Kami berharap kejujurannya dari kalian semua. 
Mari mengambil bagian dan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan PAD untuk membangun Bone Bolango. Ini hal baru, kita berharap bisa meraih kesuksesan melalui terobosan ini. 
“Tunjukan bahwa kalian adalah anak-anak Bone Bolango yang berkualitas dan dapat dipercaya melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan dengan sebaik-baiknya,”pungkas Wabup Merlan. (Tim IKP/Humas/Kominfo)
 

Sambutan