Pemkab Bonebol Bakal Hibahkan RPH dan Pasar Hewan Bulotalangi Timur ke Pihak Ketiga

Pemkab Bonebol Bakal Hibahkan RPH dan Pasar Hewan Bulotalangi Timur ke Pihak Ketiga

Kominfo BoneBol - Pemerintah Kabupaten Bone Bolango berencana akan menyerahkan dan menghibahkan pengelolaan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan Pasar Hewan Bulotalangi Timur di Kecamatan Bulango Timur kepada pihak ketiga, yakni kepada para pelaku sektor usaha peternakan yang ada di Bone Bolango.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan jika dalam pengelolaan nantinya berjalan baik, maka pihaknya akan menghibahkan pengelolaan RPH dan Pasar Hewan ini kepada pihak ketiga. Dengan syarat sudah terbentuk asosiasi peternak hewan, peternak sapi, dan ikatan penjual sapi. 

“Jika memungkinkan saya akan menyerahkan pengelolaan RPH dan Pasar Hewan Bulango Timur ini kepada pihak ketiga,"kata Hamim.

Hamim melanjutkan jika nantinya akan dihibahkan tentu diharapkan setiap bulan atau setiap tahunnya akan ada tambahan pendapatan asli daerah (PAD) yang bisa dipungut dari RPH dan Pasar Hewan ini, baik dalam bentuk retribusi bulanan atau retribusi tahunan.

Lebih lanjut Hamim menambahkan jika pengelolaan pasar hewan sudah berjalan dengan baik, maka Pemkab Bonebol bersama pihak terkait akan membuat Pasar Hewan Bulotalangi Timur ini sebagai Pasar Hewan Gorontalo.

"Nanti kita akan branding pasar ini sebagai Pasar Hewan Gorontalo,"tambah Hamim.

Hamim mengungkapkan, di tahun 2022 nanti akan melakukan perluasan jalan akses menuju pasar hewan yang ada di Desa Bulotalangi Timur itu.

"Untuk mendukung rencana tersebut Insya Allah tahun depan kami akan memperluas jalan akses menuju ke tempat ini,"ungkap Hamim.

Ia juga menyampaikan selain menyediakan fasilitas pemotongan dan penjualan, maka disediakan juga tempat untuk pengunjung menikmati makanan ketika berkunjung ke pasar hewan tersebut. Karena tidak semuanya para pengunjung itu ingin membeli produksi dari RPH dan pasar hewan.

“Ada juga yang ingin menikmati makanan yang ada ditempat ini. Maka saya sarankan agar bisa dibangun juga rumah makan di tempat ini,"ujar Hamim yang juga suami dari anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Lolly Junus itu.

(Humas/Kominfo)

Sambutan