Pemkab Bonebol Dukung Penuh Usaha Pengarusutamaan Gender

Pemkab Bonebol Dukung Penuh Usaha Pengarusutamaan Gender

Foto untuk : Pemkab Bonebol Dukung Penuh Usaha Pengarusutamaan Gender

BONEBOL - Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) mendukung sepenuhnya usaha-usaha pengarusutamaan gender (PUG) di wilayah itu. Hal ini dibuktikan dengan telah dibuatkannya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 tahun 2019 tentang Pengarusutamaan Gender (PUG).
Demikian diutarakan Bupati Bonebol Hamim Pou pada kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan rencana aksi daerah kelompok kerja pengarusutamaan gender (PUG) dan SDM perencana tingkat Kabupaten Bonebol yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2) Bonebol, di Gedung Ruang IT Meeting Room and Event by Render Studio, di Desa Toto Selatan, Kabila, Rabu (4/3/2020).
Selain itu, kata Bupati Hamim Pou, dari sisi perencanaan di semua dinas maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tetap berwawasan gender dan juga kegiatan-kegiatan lainnya yang implementasinya juga berwawasan perempuan.
Tidak sekedar itu, kita juga mendorong peran perempuan di sektor-sektor yang luas. Seperti di sektor pemerintahan.”Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Bone Bolango banyak memberikan kesempatan perempuan untuk memimpin OPD-OPD, bahkan OPD-OPD besar atau strategis,”ujar Hamim.
Hamim menyebutkan, misalnya di Dinas Kesehatan Kepala Dinasnya adalah perempuan, yakni dr. Meyrin Kadir, Dinas Pertanian dan Peternakan Roswaty Agus, Kepala BKPPD Friske Aryanti Usman, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Marni Nisabu, DP2KBP3A Meri S. Ngadju, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Samsia Melu, Direktur RSUD Toto Kabila dr. Serly Daud, M.Kes, Kabag Pemerintahan dan Kesra Misnawaty Wantogia, dan Kabag Ekonomi, SDA, dan Konservasi Mesalina Vivi Saputra.
Namun demikian, lanjut Hamim, yang masih perlu hari ini adalah bagaimana meningkatkan peran politik perempuan. Karena selama 3 periode di DPRD Bone Bolango, misalnya perempuan tidak begitu banyak berperan.“Ini yang hendak kita dorong supaya mereka berani masuk ke sektor politik tersebut. Tentu juga dengan meningkatkan juga sosialisasi dan meningkatkan kualitas pendidikan,”ungkap dia.
Kemudian dari sisi sektor usaha. Hamim mengakui bahwa perempuan menjadi salah satu pilar utama ekonomi keluarga. Namun problem hari ini, akses mereka ke perbank-kan belum terbuka luas. Padahal fasilitas kredit usaha mikro kecil yang dikelola oleh ibu-ibu tersedia dalam jumlah yang banyak. 
Hamim pun berharap keberhasilan, kemajuan Bone Bolango juga harus ada peran perempuan di dalamnya. Kita harus menarik, harus saling menghela bahwa seluruh prioritas program dampak penggunaannya harus dinikmati oleh seluruh kelompok masyarakat, termasuk perempuan di dalamnya.”Ini menjadi cita-cita besar kita di Bone Bolango, kerja dan maju bersama, termasuk perempuan di dalamnya,”tukas Hamim.
Sebelumnya Kepala DP2KBPPPA Meri S. Ngadju melalui Kabid Pengembangan Kelembagaan dan Pengarusutamaan Gender Oktavianita Helingo menjelaskan pelaksanaan Bimtek itu bertujuan untuk mengevaluasi peran strategis Pokja PUG dalam mendorong pelaksanaan program serta menyusun rencana aksi Pokja PUG Kabupaten Bone Bolango. Memberikan panduan dan arahan di dalam menyusun kebijakan, program dan kegiatan dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan monitoring–evaluasi (monev) yang responsif gender pada setiap tahapan pembangunan. 
Selain itu, mengefektifkan pelaksanaan strategi PUG secara lebih konkrit dan terarah untuk menjamin dan memastikan agar perempuan dan laki-laki, anak perempuan anak laki laki, disabilitas dan lansia  memperoleh akses, berpartisipasi, mempunyai kontrol dan memperoleh manfaat yang sama dan adil dari pembangunan, serta berkontribusi pada terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender.
“Bimtek ini menghadirkan narasumber Kabid Kesetaraan Gender dalam Industri dan Perdagangan KementErian PPPA RI, Kepala Bappeda Kabupaten Bone Bolango, Fasilitator dari Lembaga Pengkajian Pembagunan Gorontalo (LP2G), dan Fasilitator dari Woman Institute  Empowerement Of Gorontalo (WIRE-G),”tutupnya. (AKP)

Sambutan