Pemkab Bonebol Hibahkan Rp2 Miliar Untuk Pengamanan Pilkada 2020

Pemkab Bonebol Hibahkan Rp2 Miliar Untuk Pengamanan Pilkada 2020

Penandatanganan NPHD pengamanan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Bone Bolango oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan Kapolres Bone Bolango AKBP Suka Irawanto, di ruang rapat Bupati Bone Bolango, Rabu (12/2/2020). (F.AKP)

BONEBOL – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Pemkab Bonebol) menggelontorkan dana hibah sebesar Rp2 miliar ke Polres Bone Bolango dalam kaitannya dukungan dan memaksimalkan pengamanan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.
Penyerahan dana hibah yang bersumber dari APBD Kabupaten Bone Bolango tahun 2020 itu ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemkab Bone Bolango dan Polres Bone Bolango.
Penandatanganan NPHD tersebut langsung oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan Kapolres Bone Bolango AKBP Suka Irawanto, di ruang rapat Bupati Bone Bolango, Rabu (12/2/2020).
Bupati Hamim Pou mengatakan bahwa dukungan keamanan menjadi sesuatu yang wajib untuk memastikan bahwa penyelenggaraan tahapan sampai penyelenggaraan Pilkada berjalan dengan baik, aman, damai, dan menghasilkan pemimpin yang seperti apa yang diinginkan dan dikehendaki oleh rakyat.
“Karena kita tidak bisa berdiri sendiri. Harus ada dukungan dari pihak kepolisian, maka dalam kaitan kemitraan, kebersamaan tersebut kewajiban kita adalah memberikan dukungan pendanaan untuk digunakan dengan sebaik-baiknya,”ujar Bupati Hamim Pou.
Hamim menambahkan, karena ini anggaran negara, anggaran rakyat, tentu harus ada NPHD dan ada penandatanganan dengan mekanisme pencairannya secara bertahap.”Yang jelas Pemkab menegaskan bahwa anggarannya Rp2 miliar Insya Allah aman dengan proses mekanisme bertahap Rp1 miliar sudah ada dan Rp1 miliar lagi tinggal kita siapkan dipergeseran atau APBD-P dengan mekanisme pencairan secara bertarap,”urai Hamim.
Pada kesempatan itu, Bupati Hamim menitipkan setiap proses pencairan, kemudian bermohon lagi pada pencairan tahap berikutnya perlu melampirkan juga pertanggungjawabannya terhadap pemanfaatan anggaran yang sudah diminta tersebut.
“Mudah-mudahan dengan dukungan pendanaan ini Insya Allah semua berjalan dengan baik, lancar seluruh tahapan-tahapan penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Bone Bolango,”ujar Hamim.
Disaat yang sama Bupati Hamim Pou secara khusus menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolres Bone Bolango betapa kerjasama antara Pemkab Bone Bolango dan jajaran kepolisian sampai ke tingkat Polsek berjalan dengan baik selama ini. Ia pun berharap kerjasama ini akan terus terjalin dengan baik dimasa-masa yang akan datang.
Kapolres Bone Bolango AKBP Suka Irawanto mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bone Bolango dengan dna hibah yang telah diberikan kepada Polres Bone Bolango yang tadinya hanya Rp1 miliar menjadi Rp2 miliar.
“Amanah yang diberikan kepada kami, Insya Allah akan kita laksanakan dengan baik,”ucap Kapolres sembari mengatakan untuk kegiatan Pilkada 2020 sendiri, pihaknya sudah mulai melaksanakan tugas, yaitu kegiatan cipta kondisi sebelum menghadapi tahapan-tahapan Pilkada. Seperti melakukan patroli-patroli malam. (AKP)

Sambutan