Perkuat Nilai Budaya di Bone Bolango Lewat Platform Indonesiana

Para siswa Sekolah Dasar sedang memainkan alat musik Polopalo pada Festival yang digagas oleh Platfrorm Kebudayaan Indonesiana. (Foto Afik/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Pagelaran seni dan budaya melalui Festival Polopalo yang digagas oleh Platform Kebudayaan Indonesiana dijadikan momentum untuk memperkuat nilai  budaya oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

Ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango, Marni Nisabu saat memberikan sambutan pada kegiatan Festival Polopalo di Halaman Kantor Bupati Bone Bolango, Kamis (7/10/2021).

Kadis Marni Nisabu mengatakan Festival Polopalo yang digagas Platform Kebudayaan Indonesiana sudah sejak lama dinanti oleh Kabupaten Bone Bolango dan pihaknya bersyukur pada tahun 2021 ini Kabupaten Bone Bolango bisa terpilih dari 19 Kabupaten/Kota di Indonesia untuk menyelenggarakan Festival ini.

“Ini adalah penantian yang cukup panjang dari 2019 kami menunggu dan Alhamdulillah kami bersyukur kami termasuk di 19 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang mendapatkan kepercayaan nasional untuk menggelar festival ini,” kata Kadis Marni.

Kadis Marni Nisabu menuturkan Platform Indonesiana sangat mengedepankan gotong royong dalam menggelar sebuah Festival. Ia juga menambahkan hal tersebut telah ditunjukkan oleh Kabupaten Bone Bolango bersama fasilitator antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, pelaku budaya, pekerja seni, maestro dan akademisi dalam mewujudkan Festival Polopalo ini.

“Karena Platform Indonesiana bukan hanya mengedepankan event tetapi bagaimana kami memperkuat nilai kebudayaan,”ujar Kadis Marni.

Kadis Marni Nisabu mengungkapkan Festival Polopalo ini telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten sejak 2 tahun silam dengan mewajibkan seluruh sekolah menyediakan alat musik Polopalo sebagai bagian dari pelajaran muatan lokal.

“Bagi kami kearifan lokal daerah harus terus dipelihara dengan baik,” tandasnya. (Tim IKP/Humas/Kominfo)

Sambutan