Pimpin Sertijab Kepala Sekolah, Sekda Ingatkan Pesan Ki Hajar Dewatara

Pimpin Sertijab Kepala Sekolah, Sekda Ingatkan Pesan Ki Hajar Dewatara

Sekda Ishak Ntoma menghadiri sekaligus memberikan wejangan kepada para kepala sekolah pada pelaksanaan Sertijab Kepala TK dan SD wilayah Kecamatan Tapa, Bulango Timur, dan Bulango Selatan yang dirangkaikan dengan pisah sambut Kepala SD 3 Tapa, di SDN 2 Tapa, Rabu (15/9/2021). (F.Afik/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Sekretaris Daerah Bone Bolango Ishak Ntoma memberikan banyak wejangan tentang kepemimpinan dan mengingatkan akan pesan Ki Hajar Dewantara bagi para kepala sekolah di wilayah Kecamatan Tapa, Bulango Timur, dan Bulango Selatan.
Wejangan itu, diutarakan Sekda Ishak Ntoma pada pelaksanaan serah terima jabatan (Sertijab) Kepala TK dan SD di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango, wilayah Kecamatan Tapa, Bulango Timur, dan Bulango Selatan yang dirangkaikan dengan pisah sambut Kepala SD 3 Tapa, di SDN 2 Tapa, Rabu (15/9/2021).
"Pesan Ki Hajar Dewantara secara harfiah berarti memberi contoh pada saat di depan, di belakang memberi dorongan, di tengah memberi semangat, itu harus jadi perhatian,"tegas Sekda Ishak Ntoma yang turut didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Marni Nisabu.
Ishak mengatakan  “Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani”. Kalimat tersebut tidak usang ditelan zaman. Sebuah pesan filosofis.”Kepala sekolah harus menjadi leader (mampu mengelola). Profesi kepala sekolah ini yang menjadi contoh,”ujar Panglima ASN Bone Bolango itu.
Terkait dengan itu, Sekda meminta kepala sekolah harus paham adminstrasi sekolah. Karena, kepala sekolah saat ini dituntut mampu melakukan manajerial sekolah.”Baik itu administasi, kurikulum hingga pertanggungjawaban keuangan,”tutup Sekda Ishak Ntoma. (Tim IKP/Humas/Kominfo)


 

Sambutan