Rakerda Dewan Pengurus Korpri Bone Bolango Bahas Beberapa Hal. Ini Hasilnya

Sekda Ishak Ntoma, selaku Ketua Dewan Pengurus Korpri Bone Bolango dibuka secara resmi sekaligus dipimpin Rakerda Korpri Bone Bolango tahun 2022, di Aryaduta Hotel Manado, Sulawesi Utara, Senin (14/3/2022). (F.AKP/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Bone Bolango menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2022, di Aryaduta Hotel Manado, Sulawesi Utara, Senin (14/3/2022).
Rakerda yang mengusung tema “ASN Bersatu, Korpri Tangguh, Indonesia Tumbuh” itu, diikuti sejumlah Dewan Pengurus dan Anggota Korpri Kabupaten Bone Bolango, serta dibuka secara resmi sekaligus dipimpin Ketua Dewan Pengurus Korpri Bone Bolango, Ishak Ntoma, yang juga selaku Sekda Bone Bolango.
Ketua Dewan Pengurus Korpri Bone Bolango, Ishak Ntoma, mengatakan Rakerda dilaksanakan ini membahas beberapa hal, di antaranya Pergantian Antar Waktu (PAW) sejumlah Dewan Pengurus Korpri.
“Karena ada beberapa pengurus yang sudah pensiun dan sudah pindah tugas, sehingga kita sepakati dalam Rakerda kali ini ada beberapa yang diusulkan dan disetujui untuk di PAW,”kata Ishak Ntoma.
Lanjut Sekda, termasuk yang dibahas juga penambahan jumlah personil pengurus Korpri. Hal ini perlu dilakukan karena kita melihat kondisi keuangan Korpri yang semakin besar, maka membutuhkan personil yang banyak untuk membantu pengelolaan Korpri yang lebih professional dan lebih berkinerja tinggi.“Ini penting untuk membantu meningkatkan kesejahteraan daripada anggota Korpri itu sendiri,”jelas Ishak.
Hal lain yang dibahas juga, sebut Ishak, ia mendorong agar Koperasi Korpri Bone Bolango lebih berkiprah untuk meningkatkan kesejahteraan bagi anggotanya. Maka pihaknya menyepakati untuk mencoba menghimpun anggota Korpri menjadi anggota Koperasi Korpri Bone Bolango.
Dengan harapan setelah menjadi anggota Koperasi, mereka para anggota Korpri ini bisa dilayani untuk mendapatkan fasilitas dari Koperasi Korpri Bone Bolango.
Dalam Rakerda ini, juga dibahas terkait perubahan beberapa hal, terutama peningkatan maupun penambahan kesejahteraan anggota Korpri, berupa santunan, baik itu santunan pensiun maupun santunan duka.
Untuk santunan duka bagi anggota Korpri Bone Bolango, itu disepakati kalau meninggal dunia sebesar Rp5 juta dari yang sebelumnya Rp2,5 juta, diluar santunan JKM dari BPJamsostek sebesar Rp42 juta yang selama ini sudah jalan.
“Ini akan kita mulai berlakukan per tanggal 1 April 2022 dengan tidak melihat golongan dan pangkat maupun lamanya menjadi anggota Korpri atau ASN Bone Bolango,”jelas Ishak Ntoma.
Sementara santunan pensiun, itu akan disesuaikan dengan pangkat dan golongan, termasuk lamanya menjadi anggota Korpri dan dia melakukan pembayaran iuran Korpri. 
“Tentu kita akan akumulasi setelah dipotong kompensasi dengan hal-hal yang berhubungan dengan kewajibannya menjadi anggota Korpri, termasuk potongan biaya kesejahteraan dan biaya-biaya lainnya yang sudah digunakan oleh Korpri,”tutup Ishak Ntoma. (AKP/Tim IKP/Humas/Kominfo)

Sambutan