Resmikan Puskesmas Suwsel, Hamim Harap Tingkat Kesehatan Masyarakat Semakin Membaik

Resmikan Puskesmas Suwsel, Hamim Harap Tingkat Kesehatan Masyarakat Semakin Membaik

Foto untuk : Resmikan Puskesmas Suwsel, Hamim Harap Tingkat Kesehatan Masyarakat Semakin Membaik

Kominfo BoneBol - Bupati Bone Bolango Hamim Pou meresmikan pemanfaatan gedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Suwawa Selatan (Suwsel), di Desa Molintogupo, Kecamatan Suwawa Selatan, Jumat (22/1/2021).

Bupati Hamim Pou didampingi Sekda Ishak Ntoma dalam sambutannya berharap dengan diresmikannya pemanfaatan gedung baru dari Puskesmas Suwawa Selatan itu, tingkat kesehatan masyarakat akan semakin membaik.

Pada kesempatan itu, Hamim juga berharap Puskesmas tidak hanya terfokus dalam bidang pengobatan, akan tetapi harus melakukan promosi atau sosialisasi kesehatan kepada masyarakat.

”Dengan upaya ini diharapkan tidak akan banyak lagi orang yang masuk rumah sakit,"ujar Hamim.

Lebih lanjut Hamim mengatakan dalam upaya promosi dan juga sosialisasi akan pentingnya kesehatan kepada masyarakat. Tentu peran para Camat juga sangat diperlukan. Olehnya, ia mengimbau kepada seluruh Camat yang ada di wilayahnya bersama-sama dengan pihak Puskesmas menggalakkan kegiatan jalan sehat dan senam pagi setiap minggunya.

“Perintah saya kepada para Camat bersama-sama dengan Puskesmas agar tiap minggu melaksanakan kegiatan jalan sehat dan senam pagi di halaman kantor camat atau di depan Puskesmas,"tukas Hamim.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, dr. Meyrin Kadir dalam laporannya menjelaskan dana yang digunakan untuk pembangunan gedung baru Puskesmas Suwawa Selatan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 1,9 lebih.

Ia pun berharap dengan dibangunnya gedung Puskesmas Suwawa Selatan yang baru, semua masyarakat yang berada di wilayah itu dan sekitarnya dapat dilayani dengan baik.

Meyrin menambahkan untuk ketersediaan SDM yang ada di Puskesmas Suwawa Selatan sendiri  berjumlah 40 orang, terdiri dari 20 PNS, 19 tenaga kontrak, dan 1 orang tenaga kesehatan dari program Nusantara Sehat.

"Untuk jenis tenaganya meliputi 1 orang dokter umum, 9 perawat, 11 bidan, satu apoteker, 6 SKM, 2 tenaga gizi, dan tenaga administrasi, sopir, serta cleannig service masing-masing satu orang,"ungkap dr. Meyrin.

Sementara untuk fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia di Puskesmas Suwawa Selatan, sebut Meyrin, yakni tersedia 1 unit rumah untuk tenaga medis, 1 unit mobil Puskesmas Keliling, 1 unit mobil Ambulance, 1 buah genset, 1 unit motor dinas, sumur suntik menggunakan DAP, dan peralatan lainnya seperti komputer, laptop, alat kesehatan, serta nebulizer.

(Humas/Indra/AKP/KominfoBoneBol)

Sambutan