Rp1,2 Miliar Klaim JKK dan JKM Pekerja di Bone Bolango Sudah Dicairkan BPJamsostek Gorontalo

Penyerahan secara simbolis santunan JKM BPJamsostek kepada tiga orang perwakilan ahli waris oleh Sekda, Ishak Ntoma dan Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Provinsi Gorontalo, Hendra Elvian, pada Rakerda Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Bone Bolango, di Aryaduta Hotel, Kota Manado, Sulawesi Utara, Senin (14/3/2022). (F.AKP/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Cabang Provinsi Gorontalo kembali menyerahkan klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) kepada pekerja di wilayah Kabupaten Bone Bolango, baik pekerja informal maupun pekerja rentan, dan pekerja formal, yakni Anggota Korpri dan Tenaga Non ASN.
Santunan tersebut diserahkan secara simbolis kepada tiga orang perwakilan ahli waris oleh Sekretaris Daerah Bone Bolango, Ishak Ntoma dan Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Provinsi Gorontalo, Hendra Elvian, pada rapat kerja daerah (Rakerda) Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Bone Bolango, di Aryaduta Hotel, Kota Manado, Sulawesi Utara, Senin (14/3/2022).
Tak tanggung-tanggung nilai santunan yang diserahkan mencapai Rp1.218.141.000 atau Rp1,2 miliar lebih untuk klaim JKK dan JKM triwulan I tahun 2022, selang bulan Januari 2022 hingga minggu kedua bulan Maret 2022, khusus di wilayah Kabupaten Bone Bolango.
Dengan rincian klaim kasus risiko JKK 1 orang dan JKM 20 orang untuk pekerja formal sebesar Rp840,1 juta lebih. Sementara untuk klaim JKM anggota Korpri 5 orang sebesar Rp210 juta, dan JKM tenaga non ASN 4 orang sebesar Rp168 juta.
"Jadi sejak bulan Januari 2022 hingga minggu kedua bulan Maret ini kami sudah menyalurkan klaim santunan senilai Rp1,2 miliar lebih, baik itu untuk JKK dan JKM di wilayah Kabupaten Bone Bolango,"terang Kepala Cabang BPJamsostek Provinsi Gorontalo, Hendra Elvian.
Hendra melanjutkan untuk penyaluran klaim santunan JKK dan JKM, kali ini diserahkan secara simbolis kepada tiga orang perwakilan ahli waris, baik dari perwakilan anggota Korpri, tenaga non ASN, dan pekerja rentan, khusus pekerja dan merupakan peserta BPJamsostek di wilayah Kabupaten Bone Bolango.“Masing-masing ahli waris mendapatkan santunan JKM sebesar Rp42 juta, sehingga total santunan yang kita serahkan secara simbolis hari ini sebesar Rp126 juta,”jelas Hendra.
Lebih lanjut Hendra menjelaskan untuk program perlindungan Jaminan Sosial Ketenagkerjaan (Jamsostek) bagi pekerja di wilayah Kabupaten Bone Bolango, ini terlaksana karena adanya dukungan positif dari Pemerintah Kabupaten Bone Bolango bekerja sama dengan BPJamsostek.
Dalam hal ini Pemda memberikan perlindungan secara utuh kepada seluruh masyarakat pekerja yang ada di Bone Bolango, baik itu anggota Korpri, Tenaga Non ASN dan pekerja rentan, itu sudah dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan.
Harapan kedepan, kata Hendra, program perlindungan Jamsostek ini tidak hanya sampai disitu saja, terutama cakupan kepesertaan yang diberikan atau yang didapatkan oleh masyarakat pekerja, tetapi seluruh masyarakat pekerja di Bone Bolango itu bisa terdaftar secara menyeluruh atau total coverage  dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan.
Harapannya dengan adanya perlindungan BPJS Ketenagakerjaan ini, nantinya dipasti seluruh masyarakat pekerja itu mendapatkan kesejahteraan yang utuh, yaitu dalam hal perlindungan JKK maupun santunan JKM.
Dengan demikian ada kepastian bahwa mereka masyarakat pekerja ini mendapatkan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan. Mereka akan mendapatkan manfaat yang lebih baik, paling penting adalah tidak menurunkan tingkat kemiskinan bagi pekerja maupun ahli waris yang ditinggalkan.
”Saya berharap ini tidak hanya sampai disini saja, tapi seluruh pekerja di Bone Bolango bisa didaftarkan dalam program perlindungan BPJamsostek atau dengan kata lain kepesertaannya bisa total coverage,”harap Hendra.
Sementara itu, Sekda Ishak Ntoma, yang juga selaku Ketua Dewan Pengurus Korpri Bone Bolango merasa bersyukur pihak BPJamsostek Gorontalo bisa bekerjasama dengan Korpri Bone Bolango, terutama dalam memberikan perlindungan Jamsostek kepada anggota Korpri, sehingga kalau ada meninggal dunia, maka ahli warisnya mendapatkan santunan Rp42 juta. (AKP/Tim IKP/Humas/Kominfo)

Sambutan