Tak Mau Lagi Nilai CC, Bupati Ingatkan Pimpinan OPD Genjot Peningkatan Poin Reformasi Birokrasi

Tak Mau Lagi Nilai CC, Bupati Ingatkan Pimpinan OPD Genjot Peningkatan Poin Reformasi Birokrasi

Bupati Hamim Pou memberikan arahan di hadapan pimpinan OPD dan ASN pada apel Korpri di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, di halaman Kantor Bupati, Senin (18/4/2022). (F.AKP/Diskominfo)

Kominfo, Bonebol – Bupati Bone Bolango, Dr. Hamim Pou, kembali meningatkan kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menaikan dan meningkatkan nilai Reformasi Birokrasi (RB) di masing-masing OPD.
Penegasan ini disampaikan Bupati Hamim Pou di hadapan pimpinan OPD dan ASN pada apel Korpri di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, di halaman Kantor Bupati, Senin (18/4/2022). 
Bupati menegaskan bagi OPD yang diserahi tanggungjawab harus bertanggungjawab betul untuk meningkatkan nilai reformasi birokrasi tersebut.”Saat ini nilai reformasi birokrasi kita masih ada di posisi CC, itu artinya cukup, perlu banyak perbaikan. Saya tidak mau lagi tahun depan Bone Bolango dapat nilai CC terus,”tegas Hamim.
Kedepan kita harus segera bisa bikin lompatan seperti nilai Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dimana empat tahun berturut-turut kita sudah sangat baik atau meraih nilai BB. Bahkan terbaik di Provinsi Gorontalo bahkan terbaik di Sulawesi.
“Jadi RB-nya harus naik level ke B atau BB lebih baik lagi. Tidak boleh lagi ada alasan, tahun depan Bone Bolango harus BB untuk RB-nya. Sedangkan untuk SAKIP-nya harus mendapatkan nilai A. Masa di BB terus, walaupun itu yang terbaik di Gorontalo maupun di Sulawesi. Itu baru gagah Bone Bolango,”tegas Bupati lagi.
Bupati dua periode ini pun meminta seluruh pimpinan OPD dan ASN yang diberi tanggungjawab untuk mempelajari apa yang membuat poin-poin RB tidak naik. Ia mengaku sudah melihat nilai RB maupun SAKIP masing-masing OPD. Masih banyak yang nilai D, ada yang C bahkan ada yang E. 
“Saya sampaikan, ini bulan Ramadan, bagi OPD yang tidak bisa menaikkan nilai poin RB-nya, saya ganti. Tidak hanya pimpinan OPD-nya, Kepala-Kepala Bidang-nya saya akan ganti. Karena tidak mampu, tidak cakep, melakukan perbaikan-perbaikan di OPD-nya masing-masing,”terang Hamim.
Suami dari anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Lolly Junus ini pun, mengingatkan seluruh OPD segera menindaklanjuti dengan baik persoalan RB tersebut. Dengan harapan tahun depan Bone Bolango bisa mendapatkan nilai RB-nya BB dan SAKIP-nya A. 
Selalu lakukan evaluasi untuk perbaikan. Ini kerja kolektif, tentu yang mengkoordinir dan bertanggungjawab memonitoring ini ada OPD yang menjadi dirigennya.”Kita jadi lemah juga di soal koordinasi-koordinasi ini. Mohon untuk kita semua untuk memperhatikan ini dan menindaklanjutinya supaya tahun depan, kita bisa terjadi perbaikan dan peningkatan,”tutup Hamim. (AKP/Tim IKP/Humas/Kominfo)

Sambutan