Talulobutu Masuk Tiga Besar Desa Cantik di Provinsi Gorontalo

Talulobutu Masuk Tiga Besar Desa Cantik di Provinsi Gorontalo

Bupati Hamim Pou didampingi Wabup Merlan S. Uloli, Sekda Ishak Ntoma, Kepala BPS Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif, Kadis PMD Suleman Panigoro, Kepala BPS Bone Bolango Wiesye J. Damal, dan Camat Tapa Achril Y. Babyonggo mencanangkan Desa Talulobutu menjadi Desa Cantik (Cinta Statistik) di Provinsi Gorontalo dan masuk dalam jajaran 100 besar di tingkat Nasional, Senin (5/7/2021). (F.dok.istimewa)

Kominfo, Bonebol – Desa Talulobutu, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango kembali meraih prestasi dan penghargaan setelah masuk dalam jajaran tiga besar Desa Cantik (Cinta Statistik) di Provinsi Gorontalo dan masuk dalam jajaran 100 besar di tingkat Nasional.
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo, Mukhamad Mukhanif, mengatakan untuk masuk dalam jajaran 100 Desa Cantik di Indonesia yang telah ditetapkan oleh BPS Pusat harus melalui tahapan yang panjang dan tidaklah mudah.
“Seluruh Indonesia telah diminta untuk mengajukan calon Desa Cantik untuk dinilai oleh tim dari pusat kemudian desa yang diajukan dilevel kabupaten telah diseleksi oleh Kepala BPS Kabupaten/Kota,”kata Mukhamad dalam kegiatan pencanangan Desa Cantik di Desa Talulobutu, Kecamatan Tapa, Senin (5/7/2021). 
Mukhamad Hanif menuturkan kedepan pihak BPS sendiri akan melakukan edukasi dan literasi kepada masyarakat dalam hal Desa Cantik yang akan bekerja sama dengan unsur Pemerintah Kabupaten hingga Desa.
Sementara itu, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, merasa senang dengan mendengar dari sekian ribu desa yang ada di Indonesia terpilihlah 100 desa untuk dicanangkan sebagai Desa Cantik yang diantaranya terdapat Desa Talulobutu.
“Kita menyambut baik Desa Cantik ini, karena ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dimana dalam segala hal selalu memanfaatkan data statistik di dalamnya,”ujar Hamim yang turut didampingi Wakil Bupati Merlan S. Uloli, Sekda Ishak Ntoma, dan Camat Tapa Achril Y. Babyonggo.
Hamim Pou mengungkapkan sebagai seorang pemimpin tidak bisa asal melakukan klaim data, akan tetapi harus mempedomani data dari Badan Pusat Statistik tersebut. Seperti data kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, generasio, kesenjangan, dan pengangguran.
“Ini semua telah kami lakukan dengan menggunakan data statistik sebagai dasar dalam mengambil sebuah kebijakan,”ungkap Hamim.
Olehnya itu, kedepan Hamim Pou berharap semua desa yang ada di Bone Bolango bisa menjadi Desa Cantik agar lebih mengetahui capaian-capaian kerja. 
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bone Bolango, Wiesye J. Damal, menuturkan jika aparat yang dimiliki oleh suatu daerah bisa mengetahui dan paham bagaimana menghasilkan, membaca, menyajikan  data yang akurat untuk semua orang bisa menjadi satu sumber nilai tambah bagi seorang kepala daerah dalam melakukan pembangunan. 
“Itulah yang mendorong BPS membentuk Desa Cantik di seluruh belahan Indonesia dan pada hari ini dicanangkan di Kabupaten Bone Bolango, yakni Desa Talulobutu,”tutur Wiesye.
Kepala Desa Talulobutu, Herman Eki, mengungkapkan pihaknya merasa bangga dari 657 desa yang ada di Provinsi Gorontalo terdapat 3 desa yang terpilih menjadi Desa Cantik  yang salah satunya adalah Talulobutu. (Tim IKP/Humas/Kominfo)
 

Sambutan