Tanaman Hydroponik Komitmen Pemkab Bonebol Dorong Sistem Pertanian Modern

Tanaman Hydroponik Komitmen Pemkab Bonebol Dorong Sistem Pertanian Modern

KominfoBonebol – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Pemkab Bonebol) berkomitmen untuk mendorong sistem pertanian modern melalui tanaman hydroponik. Karena media tanamnya hanya memakai pipa paralon dan air sehingga sangat efisien.
Bahkan hasil panennya juga cepat hanya butuh waktu 2 bulan sudah bisa dipanen dengan harga yang sangat bagus. 
“Selain itu, kita juga mendapatkan makanan-makanan yang layak konsumsi dan sehat yang tidak memiliki zat-zat kimia,”ujar Bupati Bone Bolango Hamim Pou pada grand opening kebun percontohan hydroponik di Desa Lomaya, Kecamatan Bulango Selatan, Sabtu (23/1/2021).
Hamim mengatakan tanaman hydroponik ini merupakan jenis tanaman yang organik tanpa ada pemakaian pupuk dan zat kimia. Apalagi permintaaan pasar terhadap produk-produk organik ini sangat tinggi
Karena itu Bone Bolango akan terus melanjutkan pembudidayaan tanaman hydroponik.”Jadi akan banyak rumah-rumah kaca begini yang akan kita bangun di Bone Bolango,”ungkap Hamim.
Hamim menuturkan tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Bone Bolango telah menganggarkan sekitar Rp2 miliar untuk pengembangan hydroponik di wilayah Bone Bolango.
“Ini merupakan ajakan kepada seluruh warga untuk pemberdayaan kita harus mengurangi kebiasaan meminta. Kita akan dorong masyarakat untuk berdaya, kita akan beri modal usaha termasuk modal kerja untuk pengembangan hydroponik agar bisa meningkatkan kesejahteraan keluarganya,”tukas Hamim.
Ia juga menargetkan tahun 2022 mendatang, ada 1.000 anak muda Bone Bolango yang mengembangkan kebun hydroponik yang akan diberi modal  usaha melalui APBD. (Tim IKP/Humas/Kominfo)
 

Sambutan