Wabup : Restribusi Masuk Wisata Botutonuo Tidak Mengganggu Pencaharian Warga Setempat

Wabup : Restribusi Masuk Wisata Botutonuo Tidak Mengganggu Pencaharian Warga Setempat

Objek wisata Pantai Botutonuo, di Kecamatan Kabila Bone, yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan setiap akhir pekan. (f.dok.istimewa)

Kominfo, Bonebol – Wakil Bupati Kabupaten Bone Bolango, Merlan S. Uloli, memastikan bahwa penerapan retribusi masuk Objek Wisata Pantai Botutonuo di Kecamatan Kabila Bone, tidak akan mengganggu mata pencaharian warga setempat.
Olehnya orang nomor dua di Kabupaten Bone Bolango itu, berharap kepada masyarakat setempat khususnya para pengelola obyek wisata tersebut untuk tidak terlalu curiga dengan pemerintah daerah.
”Perlu kita sampaikan kepada masyarakat bahwa sesungguhnya retribusi masuk yang kita kumpulkan dan dapatkan, itu akan kita kembalikan lagi kepada masyarakat, dalam bentuk pembangunan fasilitas penunjang di objek wisata tersebut,”ujar Wabup Merlan Uloli.
Wabup mengungkapkan pemahaman ini sudah tersampaikan kepada warga setempat, hanya memang diakuinya terkadang cepat sekali cara berpikir masyarakat berubah, begitu mendapatkan informasi yang kurang jelas kebenarnya dari pihak luar. 
Patut kita syukuri bahwa kalau pun Perda penarikan retribusi ini diberlakukan, itu tidak akan mengganggu mata pencaharian masyarakat yang selama ini sudah berjalan. Misalnya sewa gazebo, parkir tetap mereka yang mungut atau terima, dan lain sebagainya.
“Kalau pun khawatiran mereka karena masyarakat atau pengunjung tidak akan masuk lagi, saya kira itu tinggal soal waktu. Saya selalu sampaikan kasih waktu dan kita lihat. Masyarakat harus tahu bahwa kebutuhan orang untuk berwisata atau berekreasi itu sudah menjadi kebutuhan dan orang kalau sudah datang ke tempat wisata, mereka punya kelebihan anggaran untuk itu,”terang Wabup.
Bahkan tambah Wabup di lokasi wisata dimana pun, selalu ada retribusi masuk seperti itu.”Jadi masyarakat kami memohon pengertiannya. Insya Allah kedepan masyarakat maupun pengelola wisata tidak ada lagi yang menolak penerapan retribusi masuk,”harap Merlan.
Wabup Merlan pun mengajak masyarakat untuk ikut membangun Bone Bolango bersama-sama pemerintah daerah. Mari kita ikut berkontribusi bagaimana membangun Bone Bolango ini melalui PAD.
”Mudah-mudahan  di tahun 2022 nanti pak Bupati bisa menganggarkan, kita mulai pelan-pelan menata dan membangun fasilitas penunjang di Objek Wisata Botutonuo tersebut,”tutup Wabup. (Tim IKP/Humas/Kominfo)
 

Sambutan