Wabup Ajak Kaum Ibu Jadi Duta Penanggulangan Memutus Mata Rantai Covid-19 Dalam Keluarga

Wabup Ajak Kaum Ibu Jadi Duta Penanggulangan Memutus Mata Rantai Covid-19 Dalam Keluarga

Wakil Bupati Merlan S. Uloli mengajak para ibu maupun kaum ibu menjadi duta penanggulangan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, disela membuka kegiatan bimbingan teknis pengembangan industri yang dikelola perempuan untuk peningkatan kesejahteraan keluarga tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2021, di Gedung Aula Kantor Desa Kramat, Kecamatan Tapa, Kamis (23/09/2021). (F.Yudi/Sespri Wabup)

Kominfo, Bonebol – Wakil Bupati Kabupaten Bone Bolango, Merlan S. Uloli mengajak para ibu maupun kaum ibu menjadi duta penanggulangan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
“Saya minta dan mengajak ibu-ibu semua menjadi duta-duta untuk penanggulangan penegakan protokol kesehatan dan sama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19, di mulai dari keluarga masing masing,”ujar Wakil Bupati Merlan Uloli di hadapan ibu-ibu peserta bimbingan teknis pengembangan industri yang dikelola perempuan untuk peningkatan kesejahteraan keluarga tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2021, di Gedung Aula Kantor Desa Kramat, Kecamatan Tapa, Kamis (23/09/2021).
Wabup mengatakan, para ibu sebagai pendamping suami dan anak-anak sangat berperan penting dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Apalagi, pada masa pandemi ini segala aktivitas dibatasi dalam rangka mencegah penularan Covid-19. Kita berkesempatan untuk mengajari dan mengedukasi anak-anak, termasuk suami dan keluarga yang ada di rumah bagaimana untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.
“Jadi keluarga masing-masing harus diedukasi untuk taat Prokes, pakai masker, rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan menjaga jarak dimana pun berada,”kata Wabup Merlan Uloli.
Menurutnya, banyak hal yang bisa dilakukan kaum ibu dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Di antaranya mengedukasi dan memberikan contoh kepada anak-anak bagaimana cara mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, termasuk menghindari kerumunan.
"Di saat seperti ini peran kaum ibu sangat diharapkan supaya kita bisa minimal menyelamatkan keluarga, lingkungan dan masyarakat kita dari bahaya virus Covid-19,"papar Merlan.
Wabup menambahkan, saat ini ibu-ibu semua kalau ingin membantu pemerintah, ingin berkontribusi dan mengisi pembangunan ini, sangatlah mudah. Kita tidak diminta untuk melawan penjajah, kita tidak diminta untuk bayar biaya. Tetapi kita hanya diminta agar Prokes ini harus betul-betul diterapkan. 
“Disiplin dimulai dari keluarga, anak-anak, suami, orang tua, cucu, kakek dan nenek. Semua harus diberikan pemahaman. Jika keluar rumah, apalagi mengunjungi tempat ramai, misalnya ke pasar, ke kantor, ke pesta atau hajatan atau ke mall, harus disiplin menggunakan masker,”terang Wabup Merlan.
Merlan mengungkapkan membangun daerah di masa pandemik ini, kita harus sama-sama dan bahu membahu membantu pemerintah dalam menanggulangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini dengan ikut vaksinasi. Paling tidak di lingkungan keluarga kita sendiri, semua harus divaksin.
”Vaksin ini sangat penting untuk kita lakukan untuk menambah kekebalan kelompok atau herd immunity,”urai Wabup sembari mengatakan dan perempuan maupun ibu-ibulah sebagai tonggak utama di dalam keluarga yang akan mewujudkan itu. (Tim IKP/Humas/Kominfo)
 

Sambutan